Asahan, Sumut, 18/7, (Antarasumut) – Dinas Kesehatan (Dinkes) Asahan mulai membagikan 1660 kelambu bantuan golbal fun kepada para ibu hamil (bumil) yang berada di daerah endemis malaria (HCL), Kabupaten Asahan.
 
Kepala Dinas Kesehatan Asahan, dr Aris, Yudhariansyah, Selasa menyebutkan pembagian kelambu berinsektisida bertujuan untuk mengendalikanpenyakit menular khususnya penyakit malaria di daerah endemis.
 
“ Sasaran kita adalah para ibu hamil, agar aat mengunakan kelambu tersebut ibu dan anak terhindar dari malaria, “ kata Aris di gedung dinas setempat.
 
Aris yang didampingi Kabid Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit (P2P), Saprin Sanja Hutahaean menjelaskan pendistribusian kelambu gratis telah dilakukan oleh masing-masing puksemas yang memiliki daerah endemis malaria.
 
Yakni wilayah kerja puskesmas Silo Laut sebanyak 633 kelmabu, puskemas Bagan Asahan sebanyak 231 kelambu, puskemas sei Apung sebanyak 231 kelambu dan puskemas Sei kepayang Timur sebanyak 363 kelambu.
   
Aris  mengajak masyarakat untuk tetap mengutamakan kebersihan lingkungan serta meningkatkan prilaku hidup bersih serta konsumsi makanan yang bergizi, agar terhidar dari penyakit, khususnya malaria.
 
“ Mari kita jaga kebersihan, gunakan kelambu ini untuk melindungi ibu hamil dan janin dari malaria, “ kata Aris, sembari menyebutkan pengunaan kelambu tersebut cukup aman, maka itu mafaatakan dengan baik dan jaga supaya kelambu tetap dengan kondisi baik.

Pewarta: indra

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017