Tebing Tinggi,13/7(Antarasumut)- Bangsa-bangsa yang besar didunia sangat konsen dengan gerakan leterasi (membaca) sehinga mereka mampu menguasai teknologi dan ilmu pengetahuan dibidang apapun.

Hal ini disampaikan Walikota Tebing Tinggi H.Umar Zunaidi Hasibuan pada pembukaan dimulainya Perpustakaan Tama yang digagas Dinas Perpustakaan Kamis (13/7) di Taman Kota Tebing Tinggi bersama unsur FKPD dan Plt.Kadis Perpustakaan H.Chairil Anwar Nasution.

Walikota H.Umar Zunaidi Hasibuan menyampaikan bagi umat Islam membaca (Iqra') adalah bagian pertama yang diajarakan dalam Al-Quran, hal ini mengingatkan kita betapa pentingnya membaca tersebut.

Dengan rajin dan gemar membaca bagi warga Kota Tebing Tinggi sebagai percepatan Tebing Tinggi sebagai Kota Cerdas dan mengantarkan Kota Tebing Tinggi duduk sama rendah dan bediri sama tinggi dengan Kota-Kota lain di Indonesia.

Dan kepada PNS di lingkungan Pemko Tebing Tinggi saya sudah wajibkan kepada mereka seorang PNS dalam setahun harus membaca 10 buku, dan saya berharap Dinas Perpustakaan juga membenahi Perpustakaan di Sekertariat.

Kita juga prihatin masih ada PNS yang memasukkan dalam sebuah konsenderan peraturan yang sudah dipakai lagi atau sudah dicabut, dan ini akibat dari tidak sukanya membaca,ujarnya.

Walikota juga menyampaikan apresiasi kepada Dinas Perpustakaan yang telah melakukan berbagai kreatifitas dan inovasi sehingga Perpustakaan Tebing Tinggii digemari masyarakat dan itu terbukti tahun 2016 dikunjuni 661 ribu pengunjung.

Untuk tahun 2017 ditargetkan 1 juta pengunjung, dan nantinya bagi pengunjung perpustakaan yang ke satu juta akan diberikan reword bantuan dana sebsar Rp.2 juta yang berasal dari kantong pribadi saya, katanya.

Dikatakan Walikota, kreatifitas yang dilakukan Dinas Perpustakaan ini kedepannya terus ditingkatkan,dan kepada segenap petugas di Perpustakaan teruslah bersemangat, kerja yang dilakukan bukan hanya untuk dunia tetapi juga akhirat karena mencerdaskan bangsa.

Pada kesempatan tersebut Walikota menyerahkan piagam penghargaan kepada pengunjung Perpustakaan teladan Darwin Purba, Ramunah Purba,Zikri Sikumbang,Tabata Lorensa Hura,Fadillah Nurhafsiah dan Ivy Insani Laila.

Penghargaan juga diberikan kepada Penggiat Perpustakaan Kajari Tebing Tinggi,Pengadilan Negeri Tebing Tinggi,Camat Bajenis,Kepala MAN Tebing Tinggi,Pondok Pesantren Al-Hasyimiyah,SMAN-2 dan SDNegri 165722 Kec.Padang Hulu.

Sebelum Plt.Kadis Perspustakaan H.Chairil Anwar Nasution melaporkan bahwa mereka yang memperoleh penghargaan ini adalah yang telah berprestasi dan bahkan sampai ketingkat provinsi.

Dalam kegiatan ini selain pembukaan pustaka taman, juga diluncurka sepeda motor cerdas pustaka yang akan masuk kedalam lorong-lorong di kawasan perkampungan Tebing Tinggi guna melayani masyarakat.

Pewarta: Dhani Elison

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017