Medan, 21/6 (Antara) - PT Pelindo 1 menyediakan 45 bus untuk program mudik gratis untuk angkutan Hari Raya Idul Fitri 2017/1438 Hijriyah bagi masyarakat yang berada di wilayah kerja perusahaan itu.

Sekretaris Perusahaan Pelindo 1, M Eriansyah,di Medan, Rabu, mengatakan, mudik gratis tersebut, tercatat sebanyak 2.500 warga masyarakat dari berbagai daerah.

Ribuan warga yang melaksanakan mudik gratis itu, menurut dia, berangkat dari Batam, Pekanbaru, Perawang, Dumai dan Medan.

"Jadwal keberangkatan mudik gratis itu, dimulai sejak Selasa (20/6) atau H-5 Idul Fitri 1438 Hijriyah ke berbagai daerah sesuai dengan tujuan menggunakan angkutan bus," ujar Eriansyah.

Ia menjelaskan, tujuan mudik gratis menggunakan angkutan bus itu, yakni Pekanbaru-Padang, Perawang-Padang, Perawan -Medan, Pekanbaru-Medan, Medan-Aceh, Duma-Medan dan Medan-Tapanuli Selatan.

Selain itu, mudik gratis menuju beberapa kota di Pulau Sumatera, yakni dari Pelabuhan Batam tujuan Pelabuhan Belawan dengan jadwal keberangkatan Rabu (21/6) atau H-4 Idul Fitri menggunakan KM Kelud.

"Seluruh peserta mudik gratis tersebut, juga dilindungi asuransi yang ditanggung sepenuhnya oleh Pelindo," ucapnya.

Eriansyah menambahkan, Pelindo telah melakukan persiapan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1438.Kesiapan tersebut dengan pemantauan pada delapan cabang pelabuhan, yaitu Pelabuhan Belawan, Sibolga, Gunung Sitoli, Tanjung Balai Asahan, Dumai, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Pinang, dan Tembilahan.

Untuk mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang dan meningkatkan kenyamanan bagi pemudik telah dilakukan pembenahan fasilitas pendukung di seluruh terminal penumpang milik Pelindo.

Beberapa diantaranya perbaikan fasilitas gedung terminal penumpang termasuk penyediaan Garbarata di terminal penumpang Belawan, pemasangan automatic gate, penyediaan fasilitas video confrence untuk komunikasi dan koordinasi dengan cabang pelabuhan dan instansi terkait, serta fasilitas shuttle bus dari Pelabuhan Belawan ke beberapa terminal Bus Medan.

"Selain itu, juga disiapkan Posko Terpadu di setiap cabang pelabuhan dan Tim pemantau kesiapan Angkutan Lebaran 2017 yang merupakan posko bersama, beranggotakan antara lain Kesyahbandaran, Otoritas Pelabuhan PT Pelindo, Polri, TNI AL, Bea dan Cukai, Karantina, imigrasi, dan Kesehatan Pelabuhan," katanya.

Pewarta: Munawar

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017