Medan, 19/6 (Antara) - PT Perkebunan Nusantara IV menyiapkan 2.900 paket bahan pokok untuk dijual di pasar murah di berbagai lokasi kebun/pabrik perusahaan.

"Pasar murah digelar PTPN IV untuk membantu masyarakat sekaligus menekan inflasi menjelang Idul Fitri," kata Sekretaris Perusahaan PTPN IV Rizal H. Damanik di Medan, Senin.

Dia mengatakan itu usai memberangkatkan lima truk paket bahan pokok tersebut ke berbagai lokasi.

Pasar murah dilakukan di kawasan kebun Kabupaten Simalungun, Asahan, Labuhanbatu, Mandailing Natal, dan sekitar kota Medan.

Menurut Rizal yang didampingi Kabag Umum dan PKBL, Ali Musri dan Ketua SP-Bun PTPN IV, Wispramono Budiman, pasar murah dengan tema "Pasar Murah BUMN" dilakukan untuk menyambut Idul Fitri 1438 Hijriah.

"Diharapkan pasar murah dengan harga per paket Rp25.000 itu bisa membantu masyarakat dan pemerintah untuk mengantisipasi kemungkinan besar terjadi lonjakan harga menjelang Lebaran seperti yang sering terjadi," katanya.

Dia mengatakan pasar murah dilakukan di desa/kecamatan sehingga manajemen melakukan koordinasi dengan pemerintahan setempat .

"Manajemen menginginkan pembeli paket bahan pokok murah itu adalah masyarakat yang tidak mampu dan tentunya berdomisili di sekitar kebun/pabrik unit usaha PTPN IV," katanya.

Kabag Umum dan PKBL Ali Musri mengatakan paket sembako murah senilai Rp25.000/paket itu berisikan 10 kg beras, 2 kg gula pasir, dan 2 liter minyak goreng.

"Harga Rp25.000 itu lebih murah sekitar 17 persen dari pasar tradisional maupun swalayan, dan hasil penjualan paket pasar murah akan disumbangkan ke beberapa rumah ibadah di nagari/desa sekitar kebun/unit PTPN IV," ujar Ali Musri.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017