Simalungun, 15/6 (Antarasumut) - Kesadaran warga Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, untuk mengurus administrasi kependudukan di Kantor Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) di Kecamatan Raya, semakin meningkat.
     "Setiap hari (yang mengurus administrasi kependudukan) kisaran 300-500 orang," kata Kepala Dinas Dukcapil Simalungun, Jon Risman Tuah Damanik, Kamis.
     Kepengurusan administrasi kependudukan itu tuntas diselesaikan dalam waktu satu hari sesuai dengan program "Semedi" (sehari mesti jadi) dari Pemerintah Pusat.
     Staf di Dinas Dukcapil siap bekerja melebihi jam kerja, jika urusan warga yang datang ke kantor belum selesai, sedangkan unsur pimpinan bergerak aktif (mobile) dari meja ke meja untuk percepatan penyelesaian.
     "Jadi kami tidak hanya duduk di meja ruang kerja menunggu berkas masuk," kata Jon Risman.
     Jon Risman mengatakan, pelayanan prima itu merupakan bagian dari kinerja semangat baru kepemimpinan Bupati Simalungun, JR Saragih dalm memberikan pelayanan kepada masyarakat.
     Untuk itu, Jon Risman mengimbau kepada warga Simalungun yang tersebar di 31 kecamatan agar mengurus langsung administrasi kependudukan ke kantor di Raya sebagai ibu kota kabupaten.
      Menurut Jon Risman, dengan mengurus langsung, warga dapat mengetahui dengan pasti mudah tidaknya proses kepengurusan administrasi kependudukan.
      "Jadi punya pengalaman dan pengetahuan baru, tidak sekadar kata orang, warga juga dapat melihat perubahan Kota Pematang Raya sebagai ibu kota Kabupaten Simalungun," kata Jon Risman. ***4*** 

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017