Tapanuli Selatan,8/6(Antarasumut)-Sebanyak lima orang siswa asal Pesantren Modern Unggulan Terpadu Darul Mursyid, Sidapdap Simanosor, Kecamatan SD.Hole, Kabupaten Tapanuli Selatan lolos sebagai duta Sumatera Utara mengikuti Olimpiade Sains Nasional tingkat Nasional di Pekanbaru, Provinsi Riau pada tanggal 02-08 Juli 2017 mendatang.

Wakil Kepala Divisi Pembinaan Kejuaraan Sains PDM Tri Suci Ramadhani di Sipirok kepada Antara, Kamis, mengatakan untuk OSN tingkat nasional ada peningkatan dari sebelumnya tiga orang pada 2016 naik dua orang menjadi lima orang lolos ke OSN tingkat nasional berasal dari Darul Mursyid.

Adapun bidang studi yang akan di perlombakan nantinya di OSN Pakanbaru ada sembilan diantaranya bidang studi Geografi, Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Komputer, Astronomi, Kebumian dan Bidang studi Ekonomi.

Kelima finalis OSN yang bakal mengharumkan dan membawa nama Provinsi Sumut tersebut yakni di tingkat Aliyah Ribhi Marbun (Matematika); Wangsa Adya (Astronomi); Havidah Adawiyah (Kebumian); dan Anwar Ibrahim (Ekonomi). Sedang satunya lagi tingkat MTs yakni Winda Astari Siagian (Matematika).

"Kelimanya dinyatakan lolos berdasarkan hasil seleksi Olimpiade Sains Tingkat Provinsi pada tanggal 22Mei 2017 lalu, kita doakan kelimanya bisa membawa nama harum,"terangnya.

Terpisah Direktur PDM Jafar Syahbuddin Ritonga mengungkapkan rasa syukurnya atas bertambahnya siswanya yang lolos ke tingkat Nasional dalam event bergengsi OSN.

PDM kata Jafar Ketua Umum Yayasan Pendidikan Haji Ihutan Ritonga tersebut mengungkapkan akan terus melahirkan regenerasi yang handal dan berprestasi di bidang sains.

" DM memang pesantren yang berkonsentrasi pada pembinaan kejuaran sains, tanpa melupakan pembinaan karakter dan akhlakul karimah sebagai pondasinya,"sebutnya.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017