Aekkanopan, 6/6 (Antarasumut) - Ketua DPRD Labuhanbatu Utara Drs H Ali Tambunan melaksanakan acara buka puasa bersama di kediamannya, Selasa. 

Hadir dalam acara itu Bupati Labura H Kharuddin Syah SE, Sekdakab Drs H Ahmad Fuad Lubis MSi, asisten, staf ahli dan pejabat di jajaran pemkab.

Dalam sambutannya Ali Tambunan mengucapkan selamat datang kepada hadirin baik dari kalangan pejabat, pimpinan organisasi masyarakat, agama, pemuda dan lainnya yang berkenan memenuhi undangan.

Sementara tausiah menjelang berbuka disampaikan al ustad Drs H Aminurrasyid Aruan. Dalam ceramahnya, Aminurrasyid antara lain menjelaskan ibadah puasa bertujuan menanam dan mempertebal iman kita.

Merujuk pada QS Al Baqarah 183, pria yang baru dipilih sebagai Ketua MUI Labura itu menyebutkan, ada tiga prinsip dasar yang dapat dipetik. Pertama adalah akidah, syariah dan akhlak.

Iman dalam ayat itu disampaikan pada seruan melaksanakan puasa. Sementara syariatnya adalah pelaksanakan puasa itu sendiri dan akhlak yang diharapkan adalah apa yang disebut di akhir ayat yaitu takwa.

Pada bagian lain, pria yang juga Ketua FKUB Labura itu menjelaskan Ramadhan dibagi dalam tiga fase. Fase pertama adalah sepuluh hari pertama yang disebut dengan rahmah. 

Sepuluh hari kedua adalah maghfirah. Dan fase terakhir atau sepuluh hari terakhir disebut dengan 'itqun minannar atau lepas dari siksa neraka.

Dalam kesimpulannya ia mengatakan, bagaimanapun kehidupan ini tidak bisa dilepas dari tiga tersebut yaitu aqidah, syariat dan akhlak. 

Pewarta: Sukardi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017