Medan, 3/6 (Antarasumut) - Rumah sakit khusus mata milik Pemerintah Provinsi Sumatera Utara diresmikan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi di Jalan Kapt Sumarsono No.1 Medan, Jumat.

"Dengan adanya rumah sakit khusus mata ini pelayanan masyarakat di Sumatera Utara khususnya di bidang mata bertambah,"  cetus Tengku Erry usai penandatanganan prasasti yang juga dihadiri Kadis Kesehatan Provsu Agustama dan Kepala UPT RS Khusus Mata Dinkes Provsu dr Kustina MKes.

Menurut Erry, masalah kebutaan pada masyarakat sangat erat kaitannya dengan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya kesehatan mata. 

Ini lanjut Gubsu Erry terlihat dari kunjungan pasien yang datang berobat ke UPT rumah sakit mata yang paling sering yaitu penyakit katarak, myopia, kelainan retina, glaukoma dan lain-lain. 

“Ini bila tidak diobati akan menimbulkan kebutaan pada masyarakat,” ujar Gubsu Erry.

Oleh karenanya diharapkan petugas kesehatan melacak dan mencari penderita sebanyak-banyaknya untuk diobati di pelayanan mata di UPT rumah sakit khusus mata. 

“Petugas kesehatan khususnya mata diharapkan lebih aktif lagi mencari para penderita khususnya penyakit mata, karena masih banyak masyarakat belum memahami adanya RS UPT khusus mata ini. Guna peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” ujar Gubsu.

Gubsu juga mengharapkan selain pelayanan, sumber daya manusia bidang pelayanan kesehatan masyarakat ini harus ditingkatkan sehingga masyarakat dapat dilayani secara profesional. 

“Bila memungkinkan diberikan insentif bagi dokter-dokter spesialis khususnya spesialis mata, guna memberi semangat dan memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat,” sebut Gubsu Erry.

Pewarta: Bintang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017