Lubuk Pakam, 2/6 (Antarasumut) - Peringatan  Hari Lahirnya Pancasila 1 Juni 1945,  tingkat Kabupaten Deli Serdang berlangsung hikmad di halam Kantor Bupati Deli Serdang, Lubuk Pakam , Kamis.

Sebagai Irup Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan, Danup Kaban Kesbang Pol Togar Panjaitan   dihadiri  Wakil Bupati H Zainuddin Mars  bersama ribuan ASN jajaran Pemkab Deli Serdang, juga digelar pengibaran  Bendera Merah Putih, Pembacaan teks Pancasila dan  UUD 1945, pembacaan Keputusan Presiden RI Tentang  peringatan Hari Lahir Pancasila serta menyanyikan lagu-lagu perjuangan oleh Paduan Suara SMA N 2 Lubuk Pakam.   

Keputusan  Presiden RI tentang  Peringatan Hari Lahir Pancasila  tersebut menjelaskan bahwa  tanggal 1 Juni 1945 sebagai hari lahir Pancasila, tanggal 1 Juni merupakan  hari libur  nasional.

Pemerintah bersama seluruh komponen bangsa dan masyarakat Indonesia  memperingati Hari Lahir Pancasila setiap tanggal  1 Juni dan Keputusan Presiden ini mulai  berlaku  pada tanggal ditetapkan  yaitu tanggal 1 Juni 2017 .

Harus diingat bahwa  kodrat bangsa Indonesia adalah  â€œkeberagaman”. Takdir Tuhan untuk kita adalah keberagaman. Dari Sabang sampai Merauke adalah keberagaman. Dari Manggas sampi Rote adalah juga keberagaman. 

Berbagai etnis, bahasa,adat istiadat, agama, kepercayaan dan golongan bersatu padu membentuk Indonesia,  itulah kebhinekaan Tunggal Ika-an kita.

Namun, kehidupan berbangsa dan bernegara kita sedang mengalami  tantangan, Kebhinekaan kita  sedang diuji, saat ini  ada pandangan dan tindakan  yang mengancam kebhinekaan  dan keikaan kita , saat ini  ada sikap  tidak toleran  yang mengusung  idiologi selain Pancasila. 

Masalah ini semakin mencemaskan tatkala  diperparah  oleh  penyalah gunaan media sosial yang banyak menggaungkan hoax alias kabar bohong.     

Pewarta: Bintang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017