Medan, 2/6 (Antarasumut) - Manajemen PT Kereta Api Indonesia Divre 1 Sumatera Utara memastikan 70 kereta untuk angkutan Lebaran 2017 sudah lolos uji "ramp check" standar keselamatan dari Dirjen Perkeretaapian.

"Manejemen KAI memang mengutamakan keselamatan,"ujar Manager Humas KAI Divre 1 Sumut, M Ilud Siregar di Medan, Kamis.

Namun meski sudah dinyatakan aman, untuk kenyamanan yang lebih, manajemen melakukan pemeriksaan, perbaikan dan perawatan kereta api itu lagi.

Dari 70 kereta itu, sebanyak 19 kereta di antaranya diperbaiki dan dirawat lagi.

Dan dari 19 kereta itu, 15 unit sudah selesai dan sudah dioperasikan untuk mendukung angkutan Lebaran.

Sementara sisanya empat kereta dijadwalkan selesai dalam pekan ini.

Perbaikan dan perawatan meliputi interior dan eksterior kereta seperti toilet, ac, pengecatan dan fasilitas pelayanan lainnya.

"Dengan rampungya perbaikan dan perawatan 19 kereta api itu, maka 70 angkutan KAI itu semakin dijamin keselamatan dan keamanannya untuk digunakan Lebaran,"ujar Ilud

Dia menegaskan, untuk kesiapan angkutan Lebaran di tahun 2017 yang jatuh di bulan Juni, KAI, sejak Januari memang sudah mulai membenahi segala sarana dan prasarana kereta api.

Mulai dari kereta, rel hingga sumber daya manusia terus dibenahi.

"Manajemen mengutamakan keselamatan, keamanan dan kenyamanan penumpang dalam angkutan Lebaran sehingga semuanya harus dalam pemeriksaan serius," ujar Ilud.

Dia mengaku hingga pekan ini, pesanan tiket Lebaran sudah mencapai hingga 40 persen dari jumlah kursi yang tersedia sebanyak 6.848 per hari dengan terbanyak untuk H-1 dan H-2 Lebaran.***3***



Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017