Tarutung, 19/5 (Antara) – Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara, melalui Sekretaris Daerah Edward R Tampubolon menyampaikan sejumlah bantuan dana dan penghiburan kepada para pedangang Pasar Tarutung yang menjadi korban dalam peristiwa kebakaran yang terjadi Kamis (18/5), tengah malam.

“Bapak Bupati Nikson Nababan menyampaikan pesan turut berduka dan turut merasakan penderitaan yang Bapak-Ibu para pedagang rasakan atas musibah yang terjadi tadi malam,” ucap Sekda Edward, di tengah agenda penghiburan bagi para korban yang digelar di halaman mini market Pasar Tarutung, Jumat.

Harapannya, seluruh pedagang yang mengalami kerugian material akibat kebakaran senantiasa tetap tabah dan tetap semangat untuk melanjutkan usaha.

Dikatakan, Pemkab Taput akan bergerak cepat dalam memberikan perhatian kepada para pedagang yang menjadi korban dengan segera mengadakan rapat bersama seluruh pimpinan OPD untuk membahas tindak lanjut keberadaan Pasar Tarutung.

Setelah memimpin agenda penghiburan melalui prosesi adat pemberian ‘boras sipirni tondi’ (beras) dan ‘aek sitio-tio’ (air minum) kepada para korban, Sekdakab Edward juga menyerahkan dana bantuan spontanitas, sebanyak Rp62.450.000.

Ketua TP PKK Taput, Satika Simamora, yang turut menyampaikan penghiburan bagi para korban juga menyampaikan keprihatinannya atas musibah yang menimpa para pedagang sembari berharap agar kejadian serupa, tidak terulang lagi.

“Kita berdoa agar Bapak-Ibu para pedagang tetap dalam keadaan sehat dan mari bergandeng tangan untuk membangun kembali perekonomian demi kemajuan bersama,” ujarnya.

Meski, peristiwa kebakaran yang mengorbankan 548 unit lapak pedagang tersebut, tidak menimbulkan korban jiwa. Namun, kerugian material yang timbul ditaksir mencapai Rp7 miliar.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017