Simalungun, 9/5 (Antarasumut) - Produk pertanian dari Kabupaten Simalungun yang dipamerkan di stand Pekan Nasional (Penas) petani dan nelayan Ke 15 di komplekSstadion Harapan Bangsa Lhong Raya, Banda Aceh, diminati pengunjung dari berbagai daerah.
     Dari pentauan, Selasa, sesuai dengan daftar tamu yang terisi di depan stand pameran, pengunjung yang data setiap harinya rata-rata mencapai 150-200 orang.
     Sebagian besar pengunjung sangat tertarik melihat komoditi nenas, kopi, kubis dan teh serta berbagai komiditi sayur mayur dan buah-buahan seperti bawang merah, jeruk dan pisang.
     Seorang pengunjung asal Papau Barat, Alexander (45) mengaku kagum dengan produk pertanian asal Kabupaten Simalungun berada di kawasan Danau Toba.
     "Apalagi buah nenas dan sayur kubis yang mencapai berat dua kilogram belum pernah saya lihat, serta rasa teh Sidamanik yang khas," kata Alexander.
     Kepala Bagian Perekonomian Pemkab Simalungun, Alpian Denri Saragih menyebutkan, selama pameran dibuka 6 Mei lalu, sudah lebih dari 700 pengunjung yang mengisi buku tamu.
     "Umumnya sangat meminati komoditi pertanian Simalungun berupa sayur mayur dan buah-buahan," kata Alpian.
     Ketua KTNA Kabupaten Simalungun, Darwis Sipayung menyebutkan, sedikitnya ada 10 produk pertanian unggulan yang dipamerkan di stand Pemkab Simalungun pada Penas ke 15 di Banda Aceh.
     Untuk produk sayur mayur kualitas ekspor seperti kubis, wortel dan kentang sedang dikembangkan di sentra produksi sayur mayur di Kecamatan Silumakuta dan Purba.

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017