Medan, 28/4 (Antara)-Pemerintah Provinsi Sumatera Utara - PT Musim Mas kerja sama menggelar operasi pasar murah minyak goreng di Medan untuk menjaga kestabilan harga menjelang Puasa Ramadhan tahun 2017.

"Menyusul adanya kerja sama itu, Musim Mas bersiap setiap harinya menggelontorkan 4.000 liter minyak  goreng dengan kemasan sederhana seharga Rp10.500 per liter di pasar-pasar tradisional di bawah PD.Pasar Medan,"ujar Manager Umum PT Musim Mas, Juanda di Medan, Jumat.

Operasi pasar murah minyak goreng itu diberlakukan mulai Jumat 28 April hingga 5 Mei 2017.

Tahap awal, pasar murah masih dilakukan di Pasar Petisah dan Pasar Sei Sikambing, Medan dengan jumlah penggelontoran masing-masing 2.000 liter.

"Pasar murah itu diharapkan Musim Mas bisa membantu masyarakat mendapatkan minyak goreng dengan harga terjangkau atau lebih murah tetapi tetap berkualitas,"ujarnya.

Selain Pasar Petisah dan Sei Sikambing, pasar murah akan dilakukan ke pasar lain seperti Pasar Palapa dan Pusat Pasar Medan.

Pantauan di pasar harga minyak goreng kemasan masih stabil di kisaran Rp15.000 -Rp17.000 per liter.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumut, Alwin mengakui adanya kerja sama dengan sejumlah perusahaaan untuk mengelar pasar murah mendekati masuknya Puasa Ramadhan.

"Respon pengusaha cukup bagus,Musim Mas misalnya langsung  bersedia menggelontorkan minyak goreng dengan harga murah ,"katanya.

Alwin yang didampingi Kabid Perdagangan Dalam Negeri, Misbah menyebutkan, pasar murah dilakukan untuk menjaga kestabilan harga minyak goreng dan bahan kebutuhan pokok lainnya menjelang Ramadhan.

Dia menegaskan, dewasa ini, harga sejumlah bahan pokok memang masih stabil bahkan tren menurun.

Namun tidak tertutup kemungkinan harga bisa melonjak karena faktor permintaan naik atau lainnya seperti spekulasi pedagang menjelang Puasa Ramadhan.

"Pemprov Sumut yang tergabung dalam TPID (Tim Pengendalian Inflasi Daerah) Sumut terus pro aktif melakukan berbagai upaya untuk mengendalikan harga jual berbagai kebutuhan pokok di pasar,"katanya.

Tujuan pengendalian harga untuk melindungi konsumen atau masyarakat dan termasuk menekan kenaikan inflasi.

Selain minyak goreng, pasar murah berbagai kebutuhan lainnya juga akan dilakukan bekerja sama dengan berbagai perusahaan.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017