Asahan, Sumut, 21/4, (Antarasumut) - Kecamatan Kota Kisran Timur dan Kota Kecamatan Kisaran Barat keluar sebagai juara festival seni nasyid Kabupaten Asahan tahun 2017, Jumat.
 
Dari puluhan grup festival nasyid yang bersaing selama empat hari tersebut, akhirnya kafilah nasyid Putra Kecamatan Kota Kistim keluar sebagai juara pertama dan juara kedua Kecamatan Meranti, juara tiga Kecamatan Sei Dadap. Sedangkan juara  harapan satu Air Batu,  harapan kedua Tinggi Raja dan harapan tiga Kecamatan Sei kepayang Barat.

Untuk kafilah nasyid putri diraih oleh Kecamatan Kisaran Barat, juara dua Kisaran Timur, juara tiga  Air Joman. Harapan I, Tanjung Balai, harapan II,  Sei Dadap, dan harapan III, Tinggi Raja.
 
Sedangkan untuk kategori  instrumen terbaik putra tidak mendapat nomor , namun untuk intrumen putri diraih oleh kafilah Kecamatan Kota Kisran Barat.Untuk busana terbaik Putra diraih kafilah Sei Kapayang Barat, Putri  Meranti. Selanjutnya untuk vokalis terbaik putra dari Air Batu, atasnama Rahmat Agus Riandi dan  Putri dari Kisaran Barat atasanama, Nurlistia Ningsih.

"Kiranya dengan penyelenggaraan sestival seni nasyid dapat memberi bekas dan pengaruh positif dalam meningkatkan kreatifitas generasi muda untuk melestarikan kesenian Islam," demikian kata Wakil Bupati Asahan, H Surya Bsc saat menutup pelaksanaan festival seni nasyid tahun 2017 yang berlansung di Kecamatan Sei Kepayang Timur.

Surya menegaskan bahwa grup nasyid yang menjadi juara, baik putra maupun putri tidak mutlak menjadi duta Kabupaten Asahan untuk mengikuti festival nasyid tingkat provinsi.Pemkab Asahan akan melakukan seleksi dan pemusatan latihan untuk mencari personil yang lebih baik sehingga menghasilakan grup nasyid yang baik atas nama Kabupaten Asahan.

Pewarta: indra

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017