Aekkanopan, 10/4 (Antarasumut) - Pelaksanaan Ujian Nasional pada hari pertama di Labuhanbatu Utara berjalan lancar. Kepala Dinas Pendidikan Labura H Suryaman SIP MPd juga langsung memantau pelaksanaan UN seperti di SMAN-2 Kualuhhulu,Senin.

"Alhamdulillah. Pelaksanaan UN pada hari pertama berjalan lancar. Kita berharap hal ini bisa berlangsung hingga akhir UN," kata Suryaman yang saat itu didampingi Kepala SMAN-1 Kualuhhulu Drs H Tambunan Sibuea MPd.

Disebutkannya, pada UN tahun ini ada dua model yaitu UN Berbasis Komputer (UNBK) dan UN Kertas Pensil (UNKP). Dari seluruh SMAN yang terdapat di Labura, tiga diantaranya masih menggunakan sistem UNKP yaitu SMAN Kualihhilir, Aeknatas dan Na IX-X.

Sementara Kepala SMAN-1 Kualuhhulu Tambunan Sibuea menyebutkan, terdapat 313 siswa di sekolahnya yang mengikuti UNBK. Rinciannya 183 dari jurusan IPS dan 130 jurusan IPA. Sistem UNBK yang dilaksanakan di sekolah itu membuat pelaksanaan ujian dibagi dalam tiga gelombang setiap hari.

"Hingga gelombang kedua ini, seluruh peserta UN mengikuti ujian. Kita berharap hal ini bisa berlangsung hingga akhir ujian nanti," katanya saat disinggung pelaksanaan UN di sekolah yang dipimpinnya.

Ditanya bagaimana jika ada siswa yang berhalangan ikut UN, menurut Sibuea mereka diperkenankan untuk mengikuti ujian ulangan. Karena itulah, pihaknya akan terus melaporkan setiap rangkaian UN yang dilaksanakan di SMAN-1 Kualuhhulu.

"Kita terus melaporkan setiap pelaksanaan UN selesai. Demikian juga jika ada yang tidak ikut, kita juga harus melaporkannya," ujar Tambunan usai memantau UN gelombang II di hari pertama.

Pewarta: Sukardi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017