Medan, 23/3 (Antara) - PT Pertamina Marketing Operation Region I memberikan pelatihan ketrampilan bidang mekanik untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Medan, Kamis.

Pelatihan dengan tema "Siswa Trampil Mekanik" tersebut diselenggarakan Pertamina Retail bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Utara.

Kepala Cabang PT Pertamina Retail Area Sumatera Edi Purnomo mengatakan pelatihan tersebut dimaksudkan untuk memberikan bekal keahlian di bidang otomotif bagi siswa SMK.

Pelatihan yang diiringi dengan praktik langsung tersebut diharapkan bermanfaat bagi siswa SMK setelah menyelesaikan pendidikan formalnya.

"Program ini diharapkan bisa memberikan manfaat bagi siswa SMK, khususnya jurusan otomotif. Ini juga bisa digunakan para siswa untuk terjun ke dunia kerja baik sebagai mekanik, mau pun pemilik bengkel," katanya.

Pertamina retail menyelenggarakan pelatihan keterampilan mekanik tersebut selama dua hari. Selain di SMK negeri 4 Medan, pelatihan serupa dilaksanakan di SMK Panca Budi Medan.

Kegiatan yang merupakan bentuk tanggung jawab sosial perusahaan (coorporate social responsibility/CSR) Pertamina telah dilaksanakan sebanyak 30 kali di berbagai sekolah negeri dan swasta.

"Pertamina memberikan teori dan praktik untuk peningkatan kompetensi siswa. Kami berharap ke depan bisa mengurangi angka pengangguran," ujar Edi didampingi Kepala SMK Negeri 4 Medan Gustini Raya.

Dalam pelatihan itu, siswa juga akan dikenalkan dengan praktik penggantian pelumas menggunakan produk Pertamina untuk kendaraan roda dua.

Pelatihan tersebut langsung diikuti praktik penggantian pelumas untuk delapan sepeda motor yang dipandu mekanik dari Bright Olimart, yang merupakan salah satu unit bisnis Pertamina Retail.

Selain pelatihan ketrampilan, Pertamina Retail juga memberikan bantuan berupa seperangkat peralatan alat penggantian pelumas dan produk berupa pelumas Enduro matic dan Enduro Racing.

Kepala SMK Negeri 4 Medan Gustini Raya memgatakan, pihaknya merasa bangga karena dapat mengikuti pelatihan ketrampilan yang dilaksanakan Pertamina.

"Kegiatan seperti ini yang seharusnya ditingkatkan," katanya sambil mengharapkan siswanya serius untuk mengikuti pelatihan tersebut.

Kabid Pembinaan SMK Dinas Pendidikan Sumut Rosmawati Nadeak mengungkapkan apresiasinya kepada Pertamina yang mengalokasikan CSR untuk peningkatan kualitas SMK.

Pihaknya mengharapkan kerja sama yang lebih besar dari Pertamina untuk mengembangkan kualitas pendidikan SMK di Sumut.

Pewarta: Irwan Arfa

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017