Panyabungan, 17/3 (Antarasumut) - Manfaat  Dana Desa tahun 2016 kini sudah dapat dinikmati oleh  warga masyarakat desa Kunkun kecamatan Natal.  

Pada  Dana Desa anggaran tahun 2016 yang lalu   Pemerintah Desa bersama dengan warganya bersepakat  memperuntukkannya pada pembangunan infrastruktur jalan sepanjang 3100 meter.
 
Pembangunan akses jalan menuju sentra produksi ini hingga sekarang sudah  mulai dirasakan warga manfaatnya salah satunya adalah  berkurangnya biaya pengangkutan hasil panen dikarenakan jarak tempuh sudah mudah dilalui juga   telah dapat  membuka prospek usaha-usaha baru warga desa tersebut.
 
“Pada DD tahun 2016 kita telah melakukan pembangunan jalan rabat beton sepanjang 3100 meter alhamdulilah sekarang manfaatnya sudah dapat dirasakan oleh warga masyarakat ” ujar kepala desa Kunkun, Zaharuddin kepada ANTARA di Panyabungan, Kamis.
 
Ia mengatakan, pembangunan infrastruktur jalan ini merupakan aspirasi dari pada warga masyarakat khususnya bagi warga yang bermata pencahariannya dari sawit. 

Selama ini akses jalan yang susah dan berlumpur  merupakan keluhan para warga khususnya para petani  sawit yang berada didaerah  Hulu Ranto Panjang.
 
“Alhamdullah sekarang sudah dapat dilalui dengan kenderaan roda dua dan empat,” ujar Kades.
 
Disebutkannya, selama ini para petani yang berada merasa kesulitan untuk mengangkut hasil panennya disamping itu para petani juga harus mengeluarkan biaya yang tinggi untuk mengangkut hasil-hasil perkebunan hingga sampai ke desa Kunkun. 

Hal ini selain dikarenakan  jarak yang sanga jauh juga disebabkan oleh kondisi jalan yang sangat susah untuk dilalui.
 
“Dengan adanya jalan ini perekonomian warga sudah dapat terangkat,” sebutnya.
 
Sementara itu ketua BPD desa Kunkun, Kadri menyampaikan  dengan terbukanya akses jalan baru ini telah membuat lega warga masyarakat, apalagi dengan adanya akses baru ini potensi-potensi usaha baru dibidang perkebunan mulai terbuka.
 
“Hampir 100 hektar lahan sawit yang ada disepanjang jalan tersebut aksesnya  kini sudah  mulai terbuka,” ujarnya.
Balas Balas ke Semua 

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017