Medan, 15/3 (Antara) - Pemerintah Kota Medan mengaktifkan kembali Dewan Ketahanan Pangan yang sempat vakum selama tiga tahun, dengan harapan dapat menjadi mitra dalam mewujudkan ketahanan pangan di kota itu.

Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution di Medan, Rabu, mengatakan, ketahanan pangan merupakan harapan semua pihak, karena dengan demikian juga membuktikan bahwa kesejahteraan masyarakat semakin terjamin.

Untuk itu, dengan digerakkannya kembali Dewan Ketahanan Pangan Kota Medan yang sempat vakum tersebut, pihaknya mulai bisa membangun kebijakan strategis menuju kedaulatan pangan yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

"Kita harus berkedaulatan akan pangan kita sendiri. Kita harus bisa memenuhi kebutuhan produksi pangan, serta mengendalikan pangan kita sendiri. Jangan sampai hanya bergantung pada konsumsi impor pangan saja," katanya.

Artinya, kata dia, Dewan Ketahanan Pangan selain menjaga ketersediaan pangan, juga harus dapat memberikan pencerahan dan masukan bagi masyarakat dalam ketahanan pangan.

Meski sebenarnya, seharusnya saat ini sudah lebih banyak berbicara pada kedaulatan pangan, bukan sekedar ketahanan pangan saja.

"Kalau ketahanan pangan, yang penting bahan makanan itu ada tersedia dengan cukup. Tetapi kalau kedaulatan pangan, kita berbicara tentang yang kita produksi sendiri dan kita bisa manfaatkan sendiri untuk kepentingan masyarakat," katanya.

Pewarta: juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017