Pandan, 14/3 (Antarasumut)- Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Tapanuli Tengah, telah menetapkan pasangan Bakhtira Ahmad Sibarani-Darwin Sitompul (BADAR) sebagai bupati terpilih Kabupaten Tapanuli Tengah, periode 2017-2022, Selasa sore, melalui rapat pleno tebuka penetapan pemenang pilkada Tapteng, di PIA Hotel Pandan.

Adapun jumlah perolehan suara yang diraih pasangan pemilik jagron (BADAR) ini sebanyak 63.298 suara, atau 44,41%. Pasangan muda ini diusung Partai Hanura, PKS, PBB dan PPP. 

Sedangkan peringkat suara kedua, diraih Paslon Amin Pardoamuan Napitupulu-Ramses Hutagalung (AMIRA) dengan suara 44.103 atau 31%. 

Pasangan ini didukung 5 partai besar, yakni PDI Perjuangan, Golkar, Demokrat, NasDem, PAN. Sedangkan diposisi ketiga pasangan Pastor Rantinus Manalu-Ustaz M Sodikhin Lubis dari jalur perseorangan dengan jumlah suara 22.937 suara atau 16%. 

Dan peraih suara terakhir adalah pasangan nomor urut 4, Buyung Sitompul-Binsar Saruksuk dari jalur perseorangan, dengan jumlah suara suara 12.193 atau 8,5%. Sedangkan jumlah suara yang sah sebanyak 142.531, dari jumlah DPT 230.775.

Dalam rapat pleno penetapan ini, pasangan pemenang BADAR tidak hadir, hanya diwakili oleh tim pemenangnya. Demikian juga 3 paslon lainnya juga tidak hadir.

Dalam sambutannya Ketua KPUD Tapteng menegaskan, bahwa besok pihaknya akan menyerahkan hasil penetapan tersebut ke DPRD dan Pemkab Tapteng. Selanjutnya DPRD dan Pemkab akan menentukan jadwal pelantikan.

Pewarta: Jason

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017