Simalungun, 11/3 (Antara) - Bupati Simalungun, JR Saragih berusaha mengembangkan agrowisata dalam upaya memperbanyak tujuan wisata di Kabupaten Simalungun.
    
 Menurut Bupati, Sabtu, dengan banyaknya tujuan wisata  tidak membuat wisatawan jenuh saat berlibur ke Simalungun, maka melalui kinerja semangat baru Sumatera Utara, agrowisata bisa menjadi pilihan baru untuk wisatawan
    
 "Agrowisata di Simalungun menjadi salah satu pengembangan pariwisata di Danau Toba. Dengan menghidupkan agrowisata maka wisatawan memiliki banyak pilihan untuk berlibur selain Danau Toba, wisata religi, serta heritage," kata JR usai berolahraga di kawasan wisata Camping Ground di Pondok Bulu, Dolok Panribuan.

Bupati menyebutkan, beberapa titik lokasi agrowisata di Kabupaten Simalungun, di antaranya di Kecamatan Purba, Tinggiraja, Tanah Jawa, Dolok Panribuan, Parapat, Tigaras, Karanganyar serta Simarjarunjung. 

Pemerintah Kabupaten berencana memperbanyak beberapa tumbuhan seperti buah-buahan, rempah-rempah yang nantinya destinasi agrowisata tersebut wisatawan bisa menikmatinya dengan gratis.

Selain itu, dalam pengembangannya, juga akan dibangun tempat makan serta kegiatan aktivitas perbelanjaan, sehingga kemasan agrowisata bisa terlihat menarik oleh wisatawan.
     
Pemerintah Kabupaten akan berkoordinasi dengan aparat keamanan seperti Babinsa, Kepolisian, TNI hingga Satpol PP agar masyarakat maupun wisatawan tidak boleh menebang hutan atau merusak alam yang ada di Kabupaten Simalungun.
    
Plt Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Simalungun, Pahala Resin Sinaga mengatakan, promosi akan terus dilakukan sehingga bisa membawa dampak untuk pertumbuhan perekonomian daerah dan masyarakat yang ada di Kabupaten Simalungun.
     
"Kita akan membuat paket wisata yang akan bekerjasama dengan stakeholder terkait. Bagi kami, promosi sangat penting guna mengenalkan agrowisata yang ada di Kabupaten Simalungun," kata Pahala.
    
 Dinas Pariwisata juga akan menghidupkan edukasi soal agrowisata supaya wisatawan yang datang bisa menikmati keindahan alam dan memperoleh ilmu pengetahuan.

Pewarta: Waristo

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017