Sipirok,18/1(Antarasumut)-Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M. Pasaribu mengambil sumpah sekaligus melantik sebanyak 107 Kepala Desa terpilih hasil Pemilihan langsung 13 Desember 2016.

Pelantikan Kepala Desa masa Bakti 2017-2023 itu berlangsung di Gedung Serba Guna Komplek Perkantoran Bupati Tapanuli Selatan, Sipirok, Rabu.

Dalam arahannya Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu menegaskan bahwa proses demokrasi sudah selesai, untuk itu diharapkan kepada semua kepala desa agar melaksanakan roda pemerintahan dengan baik.

"Kemudian secepatnya lakukan konsolidasi, menyusun perangkat desa, bangun solidaritas, kekompakan dan jalin kerjasama yang baik karena anda sudah milik masyarakat desa yang anda pimpin bukan milik sekelompok orang,"katanya. 

Begitu juga dengan amanat Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 yang mengamanatkan desa agar menjadikan desa mandiri yang artinya desa diberi wewenang untuk bisa menata desanya sendiri.

Kepada isteri Kepala Desa yang secara ex-officio otomatis menjadi Ketua PKK juga harus bergerak melaksanakan tugasnya sekaligus ikut mendorong suami bertugas.

Soal pengelolaan Dana Desa 2017 seluruh Kepala Desa diajak untuk mengelolanya secara profesional dan fungsional," laporannya juga harus sudah menggunakan akses internet atau lewat IT,"jelasnya.

Kantor Kepala Desa juga agar untuk tidak dibiarkan kosong, bahkan Bupati menekankan untuk menjadikan kantor desa itu sebagai istana kedua setelah kediamannya masing-masing.

Apalagi tunjangan operasional kepala desa sudah dinaikkan, disamping tingginya perhatian hal itu sekaligus sebagai bentuk motivasi dan mendorong serta memperlancar tugas-tugas dilapangan.

"Jadilah pemimpin yang setia kepada rakyatnya, taat aturan taat azas, bekerja secara tulus dan iklas, jadikan jabatan kepala desa itu sebagai kebutuhan, jangan pernah sombong,"sebutnya.

Semua langkah tersebut menurut Bupati Syahrul dalam rangka mengangkat harkat dan matabat guna mewujudkan masyarakat Tapsel yang sehat, maju, cerdas dan sejahtera.

Sebagai penghargaan Bupati Syahrul kepada para Isteri diberikan kesempatan menyematkan tanda pangakat dan jabatan kepada masing-masing para Kepala Desa dilantik.

Pelantikan tersebut dihadiri Ketua dan Wakil Ketua DPRD Rahmat Nasution dan Husin Sogot Simatupang, Wakil Bupati Aswin Efendi Siregar, Sekda Parulian Nasution, Asisten, Ketua TP PKK Syaufia Lina Syahrul, dan sejumlah pejabat eselon II, III dan IV dilingkungan Pemkab Tapsel.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017