Medan, 25/12 (Antarasumut) - Kepolisian Daerah Sumatera Utara menyampaikan apresiasi atas toleransi dan kerukunan beragama di Sumatera Utara, sehingga perayaan Natal di provinsi ini berjalan aman dan kondusif.

"Secara pribadi, Kapolda Sumut Irjen Rycko Amelza Dahniel memberikan apresiasi itu kepada masyarakat," kata Kasubbid Penerangan Masyarakat Bidang Humas Polda Sumuy AKBP MP Nainggolan, di Medan, Minggu.

Menurut Nainggolan, nuansa toleransi dan kerukunan beragama tersebut cukup terlihat di Sumut menjelang perayaan Natal.

Dukungan untuk terjaga kondusivitas daerah menjelang Natal dan tahun baru itu bukan hanya ditunjukkan masyarakat, melainkan juga oleh tokoh agama dan tokoh masyarakat di Sumut.

Dengan dukungan seluruh elemen masyarakat, tidak ada kendala sama sekali dalam perayaan Natal di Sumut.

Karena itu, Polda Sumut memberikan apresiasi atas toleransi dan kerukunan yang sangat dibutuhkan untuk menyukseskan berbagai agenda pembangunan tersebut.

Meski kondusivitas tetap terjaga, namun Polda Sumut tetap melakukan pengamanan dan meningkatkan kewaspadaan untuk mengantisipasi terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kami berharap keamanan dan kondusivitas yang ada di Sumut saat ini terus terjaga," kata mantan Kapolres Nias Selatan itu pula.

Sebelumnya, Kapolda Sumut Irjen Rycko Amelza Dahniel mengecek langsung keamanan di sejumlah gereja di Medan pada Sabtu (24/12) malam, termasuk meninjau beberapa pos pengamanan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017.

Dalam peninjauan tersebut, Kapolda didampingi Kapolrestabes Medan Kombes Sandi Nugroho, Dandim 0201/BS Kolonel Inf Maulana Ridwan, dan Wali Kota Medan Dzulmi Eldin.

"Hasil pengecekan malam ini, pos-pos pengamanan, kesiapan anggota dan pelaksanaan pengamanan di gereja-gereja yang didatangi semua berjalan aman dan tertib," kata Irjen Pol Rycko.

Pewarta: Irwan Arfa

Editor : Tengku Amri


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016