Sibolga, 23/12 (Antarasumut)-Ribuan umat Kristiani dari berbagai denominasi gereja menghadiri perayaan Natal Oikumene Kota Sibolga 2016, Jumat sore di Lapangan Simare-mare, Sibolga. 

Pada perayaan Natal Oikumene Kota Sibolga tahun ini dihadiri oleh Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumban Tobing sebagai pengkhotbah.

Wali Kota Sibolga Drs. Syarfi Hutauruk, MM dalam sambutannya mengatakan, perayaan Natal bukanlah hanya sekedar kebiasaan atau tradisi semata.

Melainkan harus benar-benar murni pengakuan iman atas kelahiran Yesus Kristus Sang Putera Natal, Penebus Dosa umat manusia. Sehingga Natal akan membawa makna bag diri kita sendiri, keluarga, bagi umat Kristiani dan masyarakat.

Lanjutnya, disisi lain, perayaan Natal merupakan bentuk aktualisasi iman kepada Tuhan dan sesama, melalui berbagai tugas pelayanan dan pengabdian sesuai karunia dan talenta yang dimiliki untuk saling melengkapi, menciptakan keharmonisan, saling memaafkan membina kerukunan dan kedamaian.

“Dalam kedamaian tidak ada permusuhan, perseteruan, perkelahian, pengkhianatan, tidak ada kebencian, dendam, perpecahan dan sebagainya, tetapi dalam kedamaian terdapat adalah persaudaraan, kebersamaan, kekeluargaan, persatuan dan kesatuan,”  pesan  Syarfi Hutauruk.

Ketua BKAG Kota Sibolga Pdt. Oberlin Petrus Silalahi, S.Th dalam laporannya, mengajak seluruh umat Kristiani untuk mari bergandengan tangan untuk memberi contoh Kebhinekaan di NKRI yang kita cintai ini. Saling  menghargai dan menghormati setiap orang sebagai sesama.

“Perbincangkan dan renungkanlah agamamu, ibadahmu, doamu dengan orang yang seiman denganmu, dan tunjukkanlah sikap bersahabatmu, ilmumu, pekerjaanmu, kasihmu dengan semua orang. Dengan demikian Kota Sibolga ini, senantiasa menjadi berkat bagi daerah dan kota-kota lainnya di Indonesia,” ucap Pdt. Oberlin.

Sebelumnya, Ketua Panitia Marojahan Panjaitan, dalam laporannya mengatakan, tujuan perayaan Natal adalah untuk meningkatkan kerukunan dan kebersamaan umat termasuk menjalin kerjasama antar unsur lembaga keagamaan Kristen, pemerintah dan masyarakat.

Pada perayaan Natal Oikumene ini, Walikota Sibolga menyerahkan dana hibah untuk gereja yang diterima oleh perwakilan gereja yang sudah dihunjuk.

Perayaan Natal ini diawali karnaval mobil hias denominasi gereja-gereja di Sibolga, dimulai dari depan Gereja HKBP Sibolga Julu Sibolga yang selanjutnya bergabung dengan barisan prosesi di depan rumah dinas Wali Kota Sibolga di Dr. F.L Tobing Sibolga yang secara bersamaan menuju lokasi perayaan Natal, dilanjutkan ibadah yang dibawakan pengkotbah Ephorus HKBP Ompui Pdt. Dr. Darwin Lumban Tobing.

Diakhir perayaan, digelar hiburan menampilkan artis Ibu kota Nania Kurniawati Yusuf,  penyerahan hadiah kepada pemenang karnaval mobil hias dan penarikan undian luckydraw dengan berbagai jenis hadiah menarik.

Pewarta: Jason

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016