Medan, 6/12 (Antarasumut) - Puluhan petinju dari 15 kabupaten/kota Sumatera Utara akan bersaing pada kejuaraan daerah tinju dalam perebutan Piala Gubernur Sumatera Utara yang akan digelar 16-18 Desember 2016 di Medan.

Sekretaris umum Persatuan Tinju Amatir Nasional (Pertina) Sumut Edy Sibarani di Medan, Selasa, mengatakan kejuaraan tersebut digelar dengan dua kategori yakni yunior (14-15 tahun) dan remaja (16-17 tahun).

Sedangkan untuk keseluruhan total dipertandingkan 18 nomor dari dua kategori tersebut.

"Sejauh ini Pertina Sumut juga sudah melakukan sosialisasi kepada seluruh Pengkot/Pemkab Pertina se Sumut. Makanya diharapkan mereka bisa mengirimkan para petinju terbaiknya untuk bersaing di ajang ini," katanya.

Menurut dia, persiapan untuk menggelar kejuaraan tersebut sudah cukup matang, hanya saja memang untuk tempat masih ada beberapa pilihan, seperti sasana di Jalan Sampul maupun PPLP Sumut.

"Makanya nanti akan dirapatkan dulu, mana tempat yang terbaik. Untuk waktunya yakni, 15 Desember peserta akan timbang badan dan cek kesehatan. Sedangkan 16 hingga 18 Desember para peserta akan mulai bertanding," katanya.

Ia mengatakan kejuaraan tersebut merupakan kerjasama antara Dispora Sumut dan Pertina Sumut yang diharapkan kedepannya dapat digelar secara rutin setiap tahun , sehingga akan semakin mengasah kemampuan para petinju di atas ring.

Tentunya, kata dia, dengan banyaknya kejuaraan, para petinju memiliki banyak kesempatan untuk menyalurkan hasil latihannya selama ini dan sekaligus sebagai media untuk mengevaluasi diri.

"Bahkan, kalau untuk tahun depan waktu persiapannya lebih panjang. Tidak hanya tingkat Sumut, tapi akan digelar untuk tingkat Sumbagut, agar kejuaraan ini bisa lebih meriah lagi," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016