Medan, 5/12 (Antara) - Sumber Daya Manusia (SDM) Perhotelan dinilai merupakan salah satu faktor yang menentukan perkembangan pariwisatra, karena ditangannyalah membuat betah tidaknya wisawatan berlama-lama di suatu daerah.

"SDM dalam bisnis perhotelan merupakan salah satu faktor yang akan menentukan perkembangan pariwisata. Kalau ingin tingkat kunjungan wisatawan ingin kembali naik, kualitas SDM dalam bisnis perhotelan juga harus terus ditingkatkan," kata kata General Manager Hotel Internasional Sibayak, Dedi Nelson di Medan, Senin.

Ia mengatakan mengingat pentingnya SDM perhotelan, tentunya peningkatan kualitasnya juga harus terus ditingkatkan sehingga pelayanan yang diberikan kepada tamu khususnya wisatawan asing akan lebih maksimal, sehingga tamu tersebut betah untuk lebih lama tinggal di Indonesia.

Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas SDM tersebut adalah dengan bersinerginya semua pelaku pariwisata khususnya di Sumatera Utara, baik pengelola travel, perhotelan maupun maskapai penerbangan.

Termasuk didalam pelatihan perhotelan dan yang mengacu kepada standard sertifikasi yang telah dilaksanakan dibeberapa daerah oleh lembaga-lembaga yang terkait dengan kepariwisataan.


"Namun demikian kita perlu lebih giat lagi agar program-program yang telah dibuat oleh Kementrian Pariwisata untuk kemajuan pariwisata dapat cepat dilaksanakan," katanya.


Dalam kesempatan itu ia juga memberikan apresiasi atas langkah-langkah yang telah dilakukan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Utara yang menggelar lomba bagi tenaga ahli pariwisata di daerah itu.


"Langkah-langkah yang telah dilakukan oleh PHRI sangat kami apresiasi karena telah menggelar lomba "Making Bed Kompetition" karena sangat memotivasi pelajar dan pelaku bisnis perhotelan untuk bisa bersaing dan meningkatkam kemampuan mereka," katanya.***4***





Pewarta: juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016