Tebing Tinggi,29/11(Antarasumut)- Pj.Walikota Tebing Tinggi H.Zulkarnain, serahkan bantuan kepada 70 orang anak balita gizi kurang dan gizi buruk Rabu (29/11) di Aula Kantor Ketapang Jl.T.Imam bonjol yang dihadiri Kadis Kesehatan, Kepala Puskesmas dan camat se Kota Tebing Tinggi.

Pj.Walikota menyampaikan pemberian makanan tambahan merupakan salah satu komponen penting usaha perbaikan gizi keluarga (UPKG) yang dirancang oleh Pemerintah.

Pemberian Makanan Tambahan (PMT) sebagai sarana pemulihan gizi, dalam arti kuartif, rehablitatif sebagai sarana untuk penyuluhan salah satu bentuk kegiatan pemberian gizi berupa makanan dari keluarga.

Dikatakan, PMT diberikan setiap hari sampai keadaan gizi penerima makanan tambahan ini memperlihatkan perbaikan dan benar-benar sebagai penambah dengan tidak mengurangi jumlah makanan yang dimakan setiap hari.

Hingga saat ini program PMT masih perlu dilanjutkan mengingat masih banyak balita dan anak-anak yang mengalami kurang gizi bahkan gizi buruk,ujarnya.

Disampaikan Pj.Walikota masa balita adalah masa emas bagi pertumbuhan dan perkembangan anak sebagai generasi muda yang dipersiapkan untuk menjadikan bangsa ini sama dengan bangsa-bangsa lain didunia.

Kepada keluarga balita diharapkan agar selalu memperhatikan pola asuh makan balitanya, peran keluarga sangat penting dan diharapkan dalam menanggulangi balita gizi kurang dan gizi buruk, katanya.

Pj.Walikota mengatakan penyerahaan bantuan ini yang dilakukan jadi momentum bagi kita semua untuk menyadari bahwa kita punya generasi yang akan melanjutkan Pembangunan bangsa ini kedepan lebih maaju dan baik.

Untuk itu pesankan kepada keluarga balita penerima bantuan bahan pangan ini, kiranya memanfaatkannya bantuan yang diberikan dengan sebaik-baiknya, sehingga balitanya dapat pulih kembali menjadi balita yang sehat tumbuh kembangnya.ujarnya.

Sebelumnya dalam laporannya Kakan Ketapang Azhar menyampaikan tujuan kegiatan mengurangi angka serta menanggulangi penderita gizi buruk/gizi kurang yang ada di wilayah Kota Tebing Tinggi.

Gizi buruk keadaan kekurangan energi dan protein (KEP) tingkat berat akibat kurang mengonsumsi makanan yang bergizi dari makanan sehari-hari, atau mengalami sakit yang sangat lama.

Bantuan yang diserahkan berupa Beras KKB 700 Kg, Gula Pasir Putih 200 Kg, Biskuit Milna 220 Kotak, Kacang Hijau 25o Kg dan Susu SGM 400 kotak, penyerahan juga dihadiri Ka Bidang Ketahanan Pangan Provinsi Sumut Ir.John Albertson.

Bantuan diterima secara simbolis oleh Balita Nizam Alfateh,Rasya Aulia, Rahma Assyfa dari Kel.Rantau Laban, Bayu Anggara,Gonggom Sitinjak dari Kel.Satria, Mega Ulia,M.Azky, Raisa Febriani Kel.Sri Padang, Novita Anggreani Kel.Berohol dan Naziba Putri Kel.Tanjung Marulak. 

Pewarta: Dhani Elison

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016