Tebing Tinggi, 22/11(antarasumut)- Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Pemko Tebing Tinggi lakukan sosialisasi pemanfaatan sampah melalui Bank Sampah lokasi Bank Sampah Karya Mandiri Kel.Lalang Kec.Rambutan, Selasa.

Kepala DKP, Hj.Romiyati Harahap menyampaikan Kecamatan Rambutan dapat dijadikan barometer pengelolaan sampah berbasis masyarakat di Kota Tebing Tinggi, melalui kegiatan bank sampah, pengomposan dan kreasi daur ulang.

Potensi perladangan organik yang dikelola bank sampah menjadi sebuah potensi yang dapat terus dikembangkan, dan ini merupakan hasil dari turunan pengomposan yang bahan bakunya adalah sampah,ujarnya.

Disampaikannya Pemerintah Kota Tebing Tinggi tidak hanya sekedar menganjurkan saja, tetapi melalui DKP Tebing Tinggi akan terus melakukan pendampingan untuk pengelolaan Bank Sampah untuk lebih baik dan profesional dalam pengelolaannya, dan tidak kalah dengan bank-bank sampah didaerah lain,ujarnya

Hj.Rusmiyati Harahap,sampaikan tidak hanya bank sampah Karya Mandiri untuk meningkatkan perannya tetapi semua Bank Sampah yang ada di Tebing Tinggi sebagai upaya menciptakan lingkungan bersih, hijau dan indah.

Lebih dari itu melakukan kegiatan pengelolaan sampah secara teratur dan terencena dengan baik, akan daoat pula menunjang ekonomi keluarga, dengan uang sampah bisa membayar listrik dan air,ujarnya.
Sebelumnya Camat Rambutan Zubir Husni Harahap nyatakan menyambut baik kegiatan pengelolaan sampah diwilayah Kec.Rambutan, dan hal ini sangat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kecamatan Rambutan.

Kami percaya dengan pengelolaan sampah yang terpadu, selain mendatangkan tambahan ekonomi keluarga, juga dengan tumbuhan organik dan dikonsumsi akan menjadikan fisik lebih sehat dan aktifitas masyarakat semakin meningkat.

Untuk Camat Rambutan berharap kepada Luerah yang berada diwilayah Kecamatan Rambutan agar ikut berperan serta bersama-sama dengan masyarakat untuk mengembangkan bank sampah di wilayahnya masing-masing,

 berikan motivasi kepada warga untuk memanfaatkan sampah yang selama ini tidak bermanfaat menjadi berguna dan menghasilkan, ujarnya.

Pada kegiatan tersebut dilakukan juga Lounching Blogspot Kampoeng 3 R Lalang Bank Sampah Karya Mandiri sebagai media komunikasi dan promosi kegiatan bank sampah serta produk warga dan kelurahan se Kecamatan Rambutan.




Pewarta: Dhani Elison

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016