Seirampah, Sumut, 10/11 (Antara) - Sebanyak 420 mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara menyelesaikan praktik lapangan selama dua bulan di Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara.

Bupati Serdang Bedagai Soekirman di Seirampah, Kamis, mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi kepada mahasiswa USU yang telah memilih Kabupaten Serdang Bedagai sebagai tempat praktik lapangan.

Dengan praktik lapangan tersebut, ia berharap mahasiswa mendapat tambahan keterampilan, informasi, wawasan, dan pemahaman terhadap permasalahan di lokasi kegiatan.

Disamping itu, mahasiswa diharapkan mampu menerapkan ilmu yang didapatkan dan memberikan solusi serta pencerahan dan perubahan sekaligus kontribusi positif pada bidang kesehatan.

Dalam kesempatan itu, ia juga menyampaikan ada dua hal yang tidak pernah mati dalam hidup ini yakni cinta dan kenangan.

Meskipun praktik lapangan itu sudah selesai, tetapi bila ingin mengimplementasikan kembali ilmu yang didapat dari hasil penelitian dan kembali mengulang kenangan tersebut, ia mempersilahkan para mahasiswa untuk kembali datang ke desa tempat mereka praktik sebelumnya.


"Kami siap menerima para mahasiswa yang ingin membantu memajukan desa di Serdang Bedagai," katanya.


Sebelumnya Wakil Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) USU Prof Heru Santoso mengatakan, selama dua bulan para mahasiswa melakukan praktik lapangan di empat kecamatan yakni Kecamatan Perbaungan, Pantai Cermin, Pegajahan, dan Kecamatan Tanjung Beringin.


Kegiatan itu merupakan ajang bagi mahasiswa untuk menatap fenomena yang terjadi di lapangan terutama aspek kesehatan.


"Diharapkan juga mahasiswa selalu kritis terhadap dinamika sosial sehingga dapat merumuskan dan punya cara terbaik dalam mengatasinya," katanya. 

Pewarta: Juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016