Medan, 8/11 (Antarasumut) - Kontingen Sumatera Utara menargetkan dapat mempertahankan predikat juara umum di Pekan Olahraga Pelajar Wilayah Sumatera yang akan digelar di Riau, 14-20 November 2016.

Kabid Bina Keolahragaan Dispora Sumut Rudi Renaldi di Medan, Selasa, mengatakan, target tersebut bukanlah tanpa pertimbangan, mengingat Sumut merupakan juara bertahan di Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil) dua tahun silam di Jambi.

"Pada Popwil Jambi tahun 2014, Sumut berhasil menjadi juara umum dengan meraih 10 medali emas, 5 perak, dan 11 perunggu. Sementara tuan rumah saat ini, Kontingen Riau adalah runner up tahun lalu dengan meraih 8 emas, 9 perak, dan 9 perunggu," katanya.

Ia mengatakan dari delapan cabang olahraga yang dipertandingkan, Sumut mengikuti semua cabang yakni bola voli, pencak silat, bulu tangkis, sepaktakraw, tenis meja, tenis lapangan, dan sepakbola.

Peluang untuk meraih pundi-pundi medali pun semakin besar, karena setiap pelaksanaan even dua tahunan itu, cabang olahraga yang dipertandingkan tahun ini sebagian besar adalah andalan Sumut pada Popnas 2017.

"Kita mengirimkan 145 atlet. Jadi, memang Sumut masih berharap emas dari cabang unggulan diantaranya sepakbola, bola voli, dan bulutangkis, serta cabang lainnya yang diharapkan dapat memberikan kejutan di Riau nanti," katanya.

Begitupun, kata Rudi, dari hasil laporan masing-masing pelatih, semua atlet sudah siap untuk bertanding dan memberikan prestasi yang membanggakan bagi Sumut.

"Mereka sudah menjalani latihan selama beberapa bulan, tentunya

persiapan yang dilakukan pun sudah cukup matang. Makanya saya minta kepada mereka untuk berusaha semaksimal mungkin agar mampu meraih hasil terbaik di `tanah lancang kuning`," katanya.  

Pewarta: Juraidi

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016