Simalungun, 8/11 (Antarasumut) - Bupati Simalungun, JR Saragih dan sejumlah pimpinan SKPD bersama dua kelompok tani panen bawang merah di Nagori Purba Sipinggan, Kecamatan Purba, Selasa.
     Bupati menegaskan komitmen pemerintah daerah dalam mendukung inovasi petani di bidang pertanian dan berharap Simalungun bisa menjadi sentra berbagai hortikultural unggulan.
     "Bukan hanya padi," kata JR dihadapan Kelompok Tani  Beringin Jaya II dan Kelompok Wanita Tani Purba Sipinggan.
     Pemkab Simalungun pada tahun 2017 akan membuat terobosan, dengan menjadikan seluruh SKPD sebagai bapak angkat kelompok tani dalam pengembangan pertanian dengan memanfaatkan lahan tidur.
     Sebelum pelaksanaan panen bawang, kelompok tani merayakan ulang tahun JR yang Ke 48 dengan memberikan kue ulang tahun dan makanan khas Simalungun.
     Usai menerima kue ulang tahun, JR yang berulang tahun tanggal 10 November mendatang, membagikan kepada para petani, Dandim 0207 Simalungun, Letkol Inf Oni Kristiyono Goendong, pimpinan SKPD dan wartawan yang meliput kegiatan panen bawang tersebut.
     Ketua Kelompok Tani Beringin Jaya II, Sendi Warto Purba mengatakan, pemberian kue ulang tahun kepada Bupati JR Saragih merupakan ungkapan kecintaan petani kepada pemimpinnya yang dinilai peduli dalam pembangunan pertanian.
     Sementara itu, terkait panen bawang, bibit yang ditanam merupakan bantuan Dinas Pertanian Pemkab Simalungun, dengan hasil sekitar 19,2 ton per hektar.
     Dia mengharapkan pemerintah daerah membangun gudang bawang untuk menampung hasil panen petani saat panen raya, sehingga harga bawang tidak anjlok.

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016