Padangsidimpuan, 5/11 (Antarasumut)- Walikota Padangsidimpuan Andar Amin Harahap, S.STP, M.Si buka Konferensi VI Persatuan Wartawan Indonesia Tapanuli Bagian Selatan, di Aula Mega Permata, Sabtu.

Walikota Padangsidimpuan Andar Amin Harahap, S.STP, M.Si, sampaikan, pers merupakan rekan pemerintah dalam pembangunan, pers juga merupakan pendorong pembangunan dalam penyampaian informasi, media pers harus menjadi sosial control dan mengedepankan edukasi.

Siapa yang terpilih nantinya sebagai ketua PWI Tabagsel harus bisa menjadi penyeimbang dalam memberikan informasi yang berimbang ditengah-tengah masyarakat.

Tambahnya, pers itu harus penyeimbang dalam memberikan informasi yang jelas, akurat dan akuntabel sehingga dapat dipercayai kebenarannya, sehingga pembaca harus bisa cerdas dalam mendaptkan informasi. 

Pemerintah Kota Padangsidimpuan siap bermitra dengan pers, media dan lembaga wartawan yang menyurakan pembangunan daerah yang positif dan berimbang dalam menyukseskan program-program pemerintah, Tabagsel merupakan Dalihan Na Tolu semua harus solid.    

Ketua PWI Sumut H Hermansjah, sampaikan, wartawan itu meliput mencari dan mengelolah berita, ini merupakan konsolidasi, kewartawanan harus menjadi profesional kedepan, wartawan yang abal-abal harus dilakukan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) sehingga menjadi wartawan yang profesional kedepan.

Wartawan harus disiplin dalam mencari berita yang dimana program UKW merupakan salah satu jawabannya.    

Laporan Ketua Panitia Laidin Pohan, ini konferensi merupakan agenda 3 tahun sekali yang diatur dalam AD/ART, persiapan konferensi PWI Tabagsel VI juga sudah masuk anggaran dari APBD Kota Padangsidimpuan sehingga agenda konferensi PWI Tabagsel dapat berjalan lancar. 

Agenda Konferensi PWI VI Tabagsel melingkupi, rapat kerja, pemilihan ketua dan pengesahan pengurus PWI Tabagsel periode kedepan.

Konferensi VI Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) tersebut mengedepankan tema Junjungan Tinggi Keprofesional dan Kemerderkaan Pers.

Sementara Ketua PWI Tabagsel Hairul Iman Hasibuan, SH.I, M.I.Kom, menyampaikan sambutannya, PWI merupakan wadah organisasi wartawan yang konsisten dalam menyampaikan aspirasi dalam menulis, lembaga PWI harus bisa memberikan warna dalam berdemokrasi negara.

Turut mengadiri acara Konferensi VI PWI Tabagsel tersebut, Walikota Padangsidimpuan Andar Amin Harahap, Ketua PWI Sumut H Hermansjah, Ketua DPRD Kabupaten Tapanuli Selatan Rahmat Nasution, dan SKPD. 

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016