Tebing Tinggi,20/10(antarasumut)- Plh.Walikota Tebing Tinggi Johan Samose Harahap, SH, M.SP Buka Pertemuan dengan Ormas,OKP dan LSM Kamis (20/10) di Gedung Hj Sawiyah menghadirkan dua Narasumber dari Kodim 0204-DS dan Kejari Tebing Tinggi.

Pertemuan mengangkat thema membangun harmonisasi kebangsaan dan stabilitas daerah terintegrasi dengan semangat persatuan dan kesatuan bangsa dalam rangka Pembinaan / Pertemuan ormas,OKP, LSM dan Mahasiswa se Kota Tebing Tinggi sekaligus menyambut hari Sumpah Pemuda.

Plh.Walikota mengatakan bahwa pada bulan Februari 2017 kita akan menghadapi pilkada serentak, dimana Kota Tebing Tinggi ikut dalam pemilihan Kepala Daerah dan sampai saat ini hanya satu pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Yang mendaftar.

Walaupun demikian kita harus tetap waspada, menjaga keamanan dan ketentraman agar pelaksanaan pesta demokrasi rakyat bisa berjalan lancar dan berkwalitas, maka untuk itu peran Ormas, OKP, LSM dan Mahasiswa sangat di butuhkan.ujarnya

Dalam undang-undang no.17 Tahun 2013 bahwa ormas mempunyai fungsi sebagai penyalur kegiatan sesuai dengan kepentingan anggota dan tujuan organisasi yaitu pembinaan dan pengembangan anggota, penyalur aspirasi masyarakat, pemberdayaan masyarakat, pelayanan sosial serta pemelihara pelestarian norma dan nilai etika dalam kehidupan masyarakat dan berbangsa.

Johan Samose Harahap,mengatakan bahwa Mahasiswa merupakan golongan Akademis yang memiliki potensi dan kelebihan yang tidak bisa disamakan dengan rakyat biasa, 

Mahasiswa juga termasuk dalam golongan idealis yang memiliki keyakinan dan pemikiran yang belum terpengaruh oleh urusan Parpol atau yang lainnya.

Plh.Walikota, mengajak seluruh masyakat Tebing Tinggi untuk bersama-sama pada waktunya nanti memberikan hak suaranya sesuai dengan hati nurani dan keyakinannya. serta

Kepada Pimpinan Ormas, OKP, LSM dan mahasiswa agar  memberikan kontribusi berpartisipasi aktif mendorong masyarakat dan membangkitkan semangat masyarakat untuk proses penyelenggaraan PILKADA yang demokratis dan berkualitas.

Dan juga berperan aktif berupa kontrol sosial yang positif untuk menghindari tindakan-tindakan anarkis yang mengarah ke tindakan pidana dari oknum yang kurang bertanggung jawab.

Pabung Kodim 0204-DS Mayor Inf.Makmur Siahaan sebagai narasumber mengangkat thema peran ormas menangkal dan mencegah disintegrasi bangsa.

Disampaikan berbagai faktor fenomena terjadi disintegrasi bangsa yang merupakan gerakan pemisahan diri yang berangkat dari idelisme untuk berdiri sendiri,karena ketidakpuasan mendasar dari perlakuan Pemerintah, terhadap wilayah atau kelompok minoritas.

Dapat terjadi karena otonomi daerah, keadilan sosial, keseimbangan pembangunan, pemerataan dan hal-hal sejenis, dan semua itu akan dapat terpatahkan jika kita tetap menjaga kesatuan dan persatuan dengan satu tekad NKRI adalah harga mati.


 

Pewarta: Dhani Elison

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016