Simalungun, 30/9 (Antarasumut) - Bupati Simalungun, JR Saragih diwakili Asisten Administrasi dan Umum, Jon Suka Jaya Purba menutup gelaran Pesta Rondang Bittang Ke 31, Jumat.
     Kecamatan Raya menjadi juara umum pada perlombaan pesta budaya digelar di Parapat, Danau Toba, Kabupaten Simalungun sejak 28 September 2016.
     Kegiatan perlombaan itu, seni tari dan suara budaya etnis Simalungun, busana pengantin yang dimodifikasi, olahraga tradisional, marjalengkat dan marsalaper ganjang.
     Bupati mengharapkan, agar pelaksanaan PRB dapat membawa perubahan dan pengalaman bagi seluruh pemuda dan pemudi yang mengikutinya serta ada hal baru yang didapat, terutama pengenalan seni budaya dan tradisi Simalungun.
     Bupati menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta, sanggar seni dari masing-masing kecamatan yang mengambil bagian dalam kegiatan.
     Mereka telah menunjukkan perhatian yang besar terhadap pengembangan dan pelestarian seni budaya sebagai asset daerah, sekaligus sebagai warisan leluhur.
     "Melalui PRB tahun 2016 diharapkan dapat memacu kebangkitan sektor pariwisata daerah, sehingga kedepan kontribusi pariwisata di daerah akan semakin meningkat," kata Bupati.
     Wakil Ketua DPRD Simalungun, Timbul Jaya Sibarani mengatakan, pelaksanaan PRB, selain untuk menggali potensi seni dan budaya daerah, diharapkan dapat menjadi ajang promosi pariwisata di masa yang akan datang. 
     "Mari kita kemas kegiatan ini dengan baik sehingga kedepan dapat meningkatkan arus wisata ke Kabupaten Simalungun, " kata politisi Partai Golkar itu.

Pewarta: Waristo

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016