Seirampah, Sumut, 21/9 (Antara) - Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, terus secara maksimal menggiatkan program gerakan makan ikan, sehingga masyarakat akan terbiasa mengolah berbagai panganan dari bahan dasar ikan.


"Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) diharapkan dapat


meningkatkan minat masyarakat untuk mengonnsumsi ikan dengan jenis yang beragam," kata Wakil Bupati Serdang Bedagai, Darma Wijaya di Seirampah, Rabu, saat membuka lomba masak ikan tingkat kabupaten.


Ia mengatakan, Serdang Bedagai mempunyai potensi di sektor perikanan, diantaranya perikanan tangkap dan perikanan budi daya yang potensi itu dinilai dapat memenuhi kebutuhan konsumsi ikan.


"Disamping potensi perikanan, Serdang Bedagai juga mempunyai potensi wisata bahari yang sangat menjanjikan, demikian juga dengan kuliner berbahan baku ikan," katanya.


Ia mengatakan, untuk meningkatkan konsumsi ikan, Dinas Kelautan Serdang Bedagai telah melakukan program minapolitan dengan telah berhasil meningkatkan produksi perikanan budi daya dari 21.760 ton tahun 2014 menjadi 27.258 ton di tahun 2015. 


Untuk perikanan tangkap dari tahun 2014 sebanyak 24.106 ton menjadi 25.363 ton di tahun 2015 dan hasil olahan 1.700 kg per tahun serta konsumsi ikan mencapai 36 kg per kapita per tahun.


Sebelumnya Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Serdang Bedagai Sri Wahyuni Pancasilawati mengatakan, lomba masak ikan itu bertujuan untuk memasyarakatkan aneka menu masakan ikan yang beragam, bergizi serta berimbang sesuai dengan potensi sumber daya wilayah untuk konsumsi keluarga,


Kemudian untuk meningkatkan gizi keluarga sehingga tercipta masyarakat sehat sejahtera, mendorong dan meningkatkan


kreativitas masyarakat dalam menyusun dan menciptakan menu makanan bagi keluarga dengan bahan utama ikan.


"Juga untuk menumbuhkan pemahaman dan kecintaan masyarakat agar selalu membiasakan makan ikan sejak dini," katanya.  

Pewarta: Juraidi

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016