Padangsidimpuan, 14/9 (Antarasumut)- Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Ayumi mulai melebarkan sayap hingga menjangku Sihoringkoring, Kecamatan Padangsidimpuan Utara.

Padahal selama ini PDAM milik Pemko Padangsidimpuan tersebut hanya melayani air minum dan air bersih di dua Kecamatan yakni Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua dan Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Pembangunan instalasi jaringan pipa kini sedang dikerjakan dengan sumber dana dari APBD Kota Sidimpuan TA 2016.

Hal itu diungkapkan Direktur PDAM Tirta Ayumi H.Husni Thamrin Nasution, ST saat ditemui wartawan di kantornya, Jalan H.Raja Inal Siregar, Batunadua, Padangsidimpuan, Rabu, untuk perluasan pemasangan jaringan pipa pelanggan air minum PDAM Tirta Ayumi kini menjangkau Kecamatan Padangsidimpuan Utara sebagai respon atas permintaan pelanggan baru yang berjumlah 300 sambungan rumah (SR) di Sihoringkoring.

"Setelah berkoordinasi dengan PDAM Tirtanadi yang beroperasi melayani ari minum di Padangsidimpuan Utara dan Padangsidimpuan Selatan barulah kita sahuti aspirasi SR baru pelanggan Sihoringkoring," ucap Thamrin.

"Setelah pipa tertanam kita segera lanjutkan pemasangan pipa ke SR karena warga sangat membutuhkan air minum dan air bersih di daerah itu, pihaknya tahun ini akan memasang jaringan pipa distribusi air ke perumahan Nato Jaya di Batunadua sebanyak 230 SR.

Bila kedua proyek ini selesai PDAM Tirta Ayumi memperoleh tambahan 530 pelanggan baru melengkapi sekira 1.400 pelanggan yang telah ada. artinya kondisi perusahaan akan berangsur sehat dari kondisi sekarang ini yang masih kurang sehat, paparnya.

Saya berharap, DPRD bersama Pemko Padangsidimpuan segera menerbitkan Perda Penyertaan modal Pemko Padangsidimpuan di PDAM Tirta Ayumi sebagai syarat utama untuk mendapatkan kucuran dana lebih besar dari pemerintah pusat demi mengembangkan PDAM.

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016