Dolok Masihul, 12/9 (Antarasumut) - Untuk merayakan Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada 10 Dzulhijah 1437 H/2016 M, masyarakat Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) khususnya umat Islam beramai-ramai memadati Masjid maupun lapangan terbuka untuk melaksanakan Shalat Idul Adha secara berjamaah.

Bertindak sebagai Imam Sholat Idul Adha 1437 H Faisal, S.Pdi serta khutbah yang diisi oleh Buya Dr. KH.Amiruddin MS.MA.MBA.PH.D menjelaskan bahwa ibadah haji adalah perjalanan spiritual manusia untuk kembali kepada fitrah kemanusiaannya, fitrah manusia itu kerapkali tercampak karena berbagai ambisi kehidupan. 

Dalam konteks demikian derajat manusia bergeser menjadi makhluk yang lebih hina dari hewan. Padahal sesungguhnya manusia adalah mahluk yang sempurna, namun karena ia tak mampu memaksimalkan kesempurnaan itu akhirnya ia terlempar ketempat yang paling rendah. 

Seperti firman Allah SWT yang artinya “Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya. Kemudian kami kembalikan dia ketempat yang serendah-rendahnya (Neraka)” (QS.At-Tin/95:4-5. 

Oleh karenanya manusia hanya bisa hidup sebagai bambu sejati bila ia mampu untuk kembali kepada fitrah semula.

Selanjutnya rangkaian ritual haji pada hakikatnya sebagai upaya untuk merekontruksi perjalanan Nabi Ibrahim bukan hanya Bapak Tauhid yang bertugas membersikan rumah Allah dari berbagai kemusyrikan, melainkan juga uswatul hasanah (Teladan yang baik) dari seorang manusia yang memilih untuk berangkat menuju Allah SWT.

Usai pelaksanaan sholat Idul Adha, Bupati Soekirman dan Wabup Darma Wijaya menyerahkan sapi qurban dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sergai kepada panitia qurban dilokasi yang telah ditentukan untuk kemudian disembelih dan dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan. 

Secara total untuk Kabupaten Sergai pada peringatan Idul Adha 1437 H menyembelih 951 lembu dan 1078 kambing yang didalamnya termasuk 56 ekor lembu dan 6 ekor kambing dari jajaran Pemkab Sergai.               

Pewarta: juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016