Medan, 17/8 (Antarasumut) - Komisi VII DPR RI mendesak PLN untuk segera merealisasikan pembangunan Tol Listrik Sumatera Utara.

Pembangunan tol listrik tersebut akan sangat menguntungkan, pasalnya hingga 2017 tambahan pasokan listrik di Sumut akan bertambah hingga 1.000 megawatt.

Hal tersebut dikatakan Ketua Komisi VII DPR RI Gus Irawan Pasaribu dalam pesan singkatnya yang diterima, Rabu.

“Intinya kita (Komisi VII) mendorong PLN agar fokus dalam penyelesaiannya (tol listrik) dan itu sangat dibutuhkan Sumatera Utara,” ucapnya

Ia mengatakan Sumut yang paling diuntungkan dengan tol listrik interkoneksi Sumatera tersebut. Oleh karenanya sambung Gus Irawan, Pemda wajib mendukung pembangunannya.

Sejauh ini, sambungnya, info dari PLN, masih ada persoalan tanah di mana tiang-tiang tower PLN yang didirikan, baik di Sumbar dan Sumut masih mendapat penolakan.

Untuk Sumut justru yang lebih banyak, lokasinya mulai dari Madina, Padangsidimpuan, Tapsel, Taput, Binjai dan Pakpak Bharat.

“Saya menghimbau Bupati/Walikota di wilayah tersebut untuk mengambil inisiatif guna penyelesaiannya. Toh dengan adanya tol listrik, yang diuntungkan adalah daerahnya dan masyarakat,” jelasnya.

Sebelumnya, Walikota Binjai HM Idaham SH MSi menyatakan akan mendukung program membangun tol listrik 35.000 MW untuk Indonesia yang dicanangkan pemerintah Jokowi-JK.

Dikatakannya, Pemko Binjai mendapat berkah pembangunan yang dilaksanakan Pemerintah Pusat, yaitu Tol Medan Binjai dan reaktifasi Rel Kereta Api Binjai- Besitang. Sebagai dampaknya Kota Binjai akan membutuhkan suplai listrik yang besar.

“Daya saing kota Binjai akan semakin meningkat dan untuk mewujudkan Binjai sebagai smart city maka energi listrik adalah hal utama yang paling dibutuhkan,” kata Idaham  pada acara kunjungan tim roadshow dalam rangka program membangun tol listrik menuju Sumut Terang, di Gardu Induk Kota Binjai Jl. M.T. Haryono, Lingkungan III Kel. Jati Karya Kec. Binjai Utara, beberapa waktu lalu.

Sayangnya, pembangunan tol listrik tersebut tampaknya sedikit mendapat kendala dari beberapa pihak yang menolak pembangunan tower dalam mendukung pembangunan tol listrik tersebut.

Namun banyak juga warga yang mendukung pembangunan tol listrik, ditandai dengan adanya dukungan dari beberapa elemen masyarakat , seperti Pemuda Pancasila sampai Aliansi Masyarakat Peduli Pembanguan (AMPP) kota Binjai.

Pewarta: Irwan Arfa

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016