Medan, 12/8 (Antara) - Manajemen PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional I Sumatera Utara mengenalkan seluk beluk angkutan kereta api ke pelajar Sekolah Menengah Kejuruan Teladan dan Siti Banun, Rantaupraparat, terkait program BUMN Mengajar.

"Agar tidak hanya mengenal secara teori, manajemen KAI (Kereta Api Indonesia) langsung mengenalkan operasional dan membawa siswa merasakan layanan jasa kereta api,` ujar VP PT. KAI Divre I Sumut, Suryawan Putra Hia di Medan, Jumat.



Dia didampingi Manager Humas KAI Divre Sumut, Rapino Situmorang menjelaskan, setelah mendapat pemaparan di kantor KAI, 30 siswa dan ditambah enam orang guru pendamping itu, Kamis, dibawa berkeliling ke Dipo Lokomotif Medan dan Stasiun Besar edan melihat sistem pengoperasian dan manajemen pelayanan KAI.



Setelah melihat langsung, siswa dan pendamping rombongan dibawa merasakan naik Kereta Api Railink (milik KAI dan dan Angkasa Pura) rute Medan-Bandara Kualanamu, Deliserdang hingga juga melihat operasional jasa layanan KAI di Stasiun Bandara Kualanamu serta bandara Kualanamu.



"Harapan KAI, dengan melihat dan merasakan langsung jasa layanan Kereta Api, siswa semakin cerdas atau memahami operaslonal jasa Kereta Api sekaigus mengenal bisnis milik usaha BUMN," katanya.

General Manager Humas KAI Divre Sumut, Rapino Situmorang, mengatakan, KAI melakukan beberapa kegiatan dalam program BUMN Hadir Untuk Negeri terkait perayaan HUT RI ke-71.

Program BUMN mengajar juga diharapkan menjadi motivasi belajar siswa untuk bisa semakin berprestasi ke depannya untuk meraih cita-cita tinggi sebagai anak bangsa.

Di luar kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri, pada perayaan HUT RI itu, KAI menawarkan promo harga tiket Medan-Rantauprapat-Medan seharga Rp17.000 dari harga normal untuk batas atas Rp125.000 -Rp150.000 di kelas bisnis dan eksekutif pada rute itu.




Salah satu koordinator kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri dari PT.Indonesia Asahan Aluminium (Inalum), Anthony O Sigalingging, menyebutkan, untuk kegiatan BUMN di Sumut itu tahun 2016 ini penanggungjawabnya adalah Inalum dibantu PT.Kawasan Industri Medan (KIM) dan PTPN IV .




"Program BUMN Hadir Untuk Negeri sudah dijalankan.Bedah rumah veteran sebanyak 42 unit di 12 kabupaten/kota Sumut sudah dilaksanakan sejak 5 Agustus," kata Anthony yang menjabat Deputi GM Departement Operation and Civil Inalum.




Sebelumnya ujar dia, pada 2-7 Agustus 2016, ada kegiatan "Siswa Mengenal Nusantara" dengan memberi pengenalan sejumlah objek wisata bersejarah dan kebudayaan serta melihat operasioanal sejumlah BUMN.





Selain Bedah Rumah Veteran, Siswa Mengenal Nusantara dan BUMN Mengajar, BUMN di Sumut juga menggelar relatif banyak kegiatan sosial lainnya seperti pemberian bantuan untuk mantan atlet nasional, dan pembinaan narapidana usia produktif yang sudah keluar dari lembaga pemasyarakatan.





Kemudian ada bantuan pengadaan air bersih dengan membangun sumur bor di beberapa daerah, pasar murah, jalan sehat, pemutaran film anak-anak, serta bantuan untuk keperluan mandi cuci kakus (MCK) serta penyediaan jaringan listrik bagi rumah tangga yang belum dialiri listrik.***4***





(T.E016/B/B015/B015) 12-08-2016 17:55:00

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016