Lubukpakam, Sumut, 8/9 (Antara) - Pemerintah Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, mencanangkan Bhakti Sosial TNI KB-Kesehatan yang merupakan bagian dari upaya peningkatan masyarakat yang ikut program keluarga berencana.

"Dengan pencanangan ini, kita harapkan pasangan yang ikut program KB terus meningkat," kata Bupati Deliserdang Ashari Tambunan di Lubukpakam, Selasa, usai pencanangan Bhakti Sosial TNI KB-Kesehatan.

Ia mengatakan, secara umum program KB di Deliserdang telah menunjukkan hasil menggembirakan yang ditandai dengan terwujudnya keberhasilan pembangunan di bidang kesejahteraan masyarakat melalui kerja sama TNI KB-Kesehatan.

Demikian juga dengan adanya peningkatan pencapaian peserta KB baru seperti Medis Operasi Pria (MOP) atau vasektomi .

Keberhasilan itu tidak terlepas dari komitmen semua pihak termasuk kerja keras seluruh Kader KB, sehingga mendapat pengakuan dari BKKBN Pusat dengan penghargaan Manggala Karya Kencana.

Bupati juga mengingatkan seluruh penggiat KB, khususnya para kader di lapangan untuk memaknai pentingnya upaya menyukseskan program tersebut.

"Karena kemajuan suatu bangsa tidak hanya terletak pada kekayaan sumber daya alamnya saja, tetapi sebagian besar ditentukan kualitas SDM," katanya.

Kasdim 0204/Deliserdang Mayor Inf Thamrin Hasibuan mengatakan, program TNI KB-Kesehatan itu merupakan salah satu implementasi dari kesepakatan kerja sama antara BKKBN dengan TNI.

Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan kehidupan masyarakat melalui pelayanan KB dan kesehatan, terutama kepada masyarakat kurang mampu.

"Kepada para petugas di lapangan diharapkan agar dalam memberikan pelayanan dapat semaksimal mungkin yang meliputi informasi, advokasi dan konseling yang jelas dan terpadu sehingga masyarakat benar-benar langsung dapat merasakan program itu," katanya.  

Pewarta: Juraidi

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016