Pematangsiantar, Sumut, 5/8 (Antara) - Kunjungan ke Zoo Siantar atau Taman Hewan Pematang Siantar, Sumatera Utara, Jumat, memberikan kesenangan dan pengalaman baru bagi pelajar SMA/SMK dari Provinsi Sulawesi Barat.


Pelajar peserta program "Siswa Mengenal Nusantara" Tahun 2016 yang diselenggarakan BUMN itu berinteraksi dengan menyentuh dan foto bersama satwa hunian yang tidak membahayakan, seperti ular dan jenis burung.


Para pelajar tersebut mengaku senang karena selama ini hanya mengetahui dari buku atau internet, kini melihat dan menyentuh langsung.


Pelajar dari enam kabupaten itu menyampaikan kekaguman dengan kelengkapan jenis hewan dan fasilitas yang ada di Taman Hewan Pematang Siantar.


Rustam, salah satu pelajar dari Sulawesi Barat mengatakan, pelayanan dari pengelola dengan menempelkan nama hewan, asal, dan identitas di kandang masing-masing sangat membantu pengunjung.


"Ya tentunya pengunjung tidak perlu bertanya-tanya lagi," kata pelajar Sekolah Luar Biasa dari Kabupaten Mamuju tersebut.


Humas Taman Hewan Pematang Siantar Purhanto yang mendampingi kunjungan pelajar di lahan seluas 4,5 hektare itu memberikan penjelasan tentang spesies (jenis) hewan, sifat, dan kebiasaan-kebiasaannya.


Taman Hewan Pematang Siantar yang telah berumur 80 tahun dan saat ini dikelola pihak swasta H Rahmat Shah memelihara ribuan ekor hewan dari 250-an spesies.


"Kami harapkan kedepan, adik-adik menjadi duta konservasi di sekolah masing-masing dalam memelihara lingkungan," kata Purhanto.  

Pewarta: Waristo

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016