Labuhanbatu Selatan, 26/7 (Antarasumut) - Pemberangkatan jamaah calon Haji (JCH) asal Kabupaten Labuhanbatu Selatan terbagi dalam 2 kelompok terbang (kloter) Embarkasi Medan.

Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Kabupaten Labuhanbatu Selatan Chairul Syam, Selasa di Kotapinang mengatakan, penggabungan ini untuk mengisi kekosongan sejumlah kursi pesawat kloter 13 asal Labuhanbatu Utara yang akan bertolak ke Tanah Suci Mekkah.

Sehingga terdapat juga JCH dari daerah lain, yakni dari Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, Padang Lawas, Mandailing Natal, Tapanuli Utara, Toba Samosir, Humbang Hasundutan dan perseorangan.

"Kloter 3 asal Labuhanbatu Selatan berjumlah 388 orang berangkat pada Selasa, 9 Agustus 2016 dan kloter 13 berjumlah 29 orang berangkat bersama CJH asal Labuhanbatu Utara pada Kamis, 11 Agustus 2016 dari Bandara Internasional Kuala Namu," katanya.

Chairul menjelaskan, Musim Haji 1437 H/2016 Labuhanbatu Selatan meningkat 100 persen atau sebanyak 417 orang, dibandingkan tahun 2015 sebanyak 246 orang.

Peningkatan ini, dikarenakan pinjaman dana talangan dari perbankan bagi nasabahnya untuk pelunasan biaya penyelengaraan ibadah Haji (BPIH) yang telah didaftarkan.

Selain itu, diketahui 7 orang JCH asal Labuhanbatu kloter 2 melakukan mutasi ke kloter 3 Labuhanbatu Selatan. Mutasi ini disebabkan wilayah kerja mereka berada di Kabupaten Labuhanbatu Selatan, sehingga memungkinkan untuk mengawasi JCH dari wilayah tugasnya.

Kabag Humas Pemkab Labuhanbatu Selatan M Irsan didampingi Kabag Kesos Ali Bosar mengatakan, semoga rencana dan tahapan pelaksanaan ibadah Haji sesuai yang diharapakan, sehingga para JCH dapat menjalankan ibadah dengan lancar di Tanah Suci Mekkah.

Pewarta: Kurnia Hamdani

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016