Padangsidimpuan 25/6 (Antarasumut)- Sebanyak 745 Siswa kota Padangsidimpuan masuk dan terdaftar di Sejumlah Perguruan Tinggi negeri yang ada di seluruh Indonesia.

Walau terjadi pengurangan kuota, namun siswa-siswi yang masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di Padangsidimpuan tetap mengalami peningkatan, yaitu, tahun 2016 sebanyak 745 orang siswa-siswi, sementara pada tahun 2015 hanya 738 orang.

“Walapun terjadi pengurangan, tetapi siswa kita yang masuk ke PTN tetap meningkat. Itu sesuai dengan hasil yang kita terima tahun ini,” ujar Kepala Dinas Pendidikan H Muhammad Luthfi Siregar saat menyampaikan laporan dalam acara pelepasan siswa-siswi yang masuk PTN di Aula SMKN 1 Padangsidimpuan, Senin.

Ia mengatakan, melalui jalur SNMPTN 2016 yang diraih siswa-siswi terbaik Kota Padangsidimpuan merupakan hasil kerja keras, baik guru maupun siswa di sekolah mulai dari tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA negeri ataupun swasta telah menunjukkan keberhasilan yang sangat gemilang.

Keberhasilan yang diraih siswa/i kita pada tahun 2016 lebih meningkat jika dibandingkan dengan tahun 2015 lalu, pada tahun 2015, jumlah siswa/i yang masuk PTN lebih kurang 738 orang. Sedangkan tahun ini sebanyak 745 orang yang tersebar di beberapa perguruan tinggi di Sumatera, Jawa, dan Kalimantan.

Ini belum termasuk siswa/i kita yang telah mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), karena mereka baru melaksanakan tes pada tanggal 30 Mei lalu, pungkasnya.

Luthfi, juga menyampaikan pada pengumuman kelulusan Ujian Nasional tingkat SMA/SMK/MA tanggal 7 Mei lalu bahwa Pemko Psp memiliki tingkat kelulusan SMA Negeri/Swasta 100 persen, Madrasah Aliyah Negeri/Swasta 100 persen, SMK Negeri/Swasta 100 persen.

Hal ini jauh lebih meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, Ini menunjukkan komitmen dan kepedulian Walikota, Dinas Pendidikan dan pihak sekolah seperti guru untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan, ujarnya.

Dinas Pendidikan beserta jajarannya mengucapkan selamat kepada seluruh siswa-siswi yang masuk PTN jalur SNMPTN. Selamat menuntut ilmu di negeri orang. Ilmu yang ananda peroleh nantinya akan bermanfaat dalam pembangunan Kota Padangsidimpuan. Dan kepada orangtua kami ucapkan terimakasih yang telah rela berkorban, baik material maupun moril serta semua pihak, tambahnya.

Sementara itu, Walikota Padangsidimpuan Andar Amin Harahap merasa bahagia mendengar jumlah siswa-siswi yang masuk PTN melalui jalur SNMPTN.

Saya atas nama pribadi dan Pemko mengucapkan selamat dan sukses atas keberhasilan ananda sekalian. Tapi saya juga ingin mengingatkan bahwa apa yang diperoleh hari ini bukanlah akhir perbuatan, tetapi ini awal perjuangan bagi ananda untuk mencapai cita-cita, terangnya.

Saya juga ingin mengucapkan kepada bapak-ibu guru yang hadir karena telah memberikan arahan dan bimbingan mulai dari kelas 1 hingga kelas 3. Saya juga yakin dan percaya kebahagiaan seorang guru adalah melihat muridnya berhasil.

Terimakasih kepada bapak-ibu guru dan kami doakan tetap bisa memberikan kontribusi yang terbaik bagi dunia pendidikan, tambahnya.

Seterusnya, Walikota memberikan motivasi dan nasihat kepada seluruh siswa/i yang masuk PTN agar tetap sungguh-sungguh dalam belajar, sehingga bisa mencapai kesuksesan sesuai dengan cita-citanya.
Saya mengingatkan, jaga nama baik, jaga diri, jaga nama baik orangtua, almamater, terkhusus nama baik Pemko Padangsidimpuan, karena, ananda nantinya bukan hanya membawa nama pribadi, tetapi sudah menjadi duta-duta kota Padangsidimpuan. kemudian, saya juga mengingatkan agar terus meningkatkan semangat, tekad belajar untuk mengukir prestasi. Karena dalam hal ini ke depan, tantangan itu akan semakin sulit dalam mempersiapkan diri, dibarengi dengan kerja keras, usaha dan doa, jelasnya.

Dia berharap, semoga anak-anak tersebut berhasil. Saya selalu berprinsip, laut yang tenang tidak akan pernah menghasilkan pelaut yang pandai, untuk itu ke depan, tantangan itu dijadikan pembelajaran agar lebih siap menghadapi segala tantangan, sebutnya.

“Apabila nantinya anak-anak telah berhasil, kami sangat mengharapkan dan merindukan agar kembali ke kampung halaman untuk sama-sama membangun kota Padangsidimpuan, ucap Walikota.

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016