Batubara, 30/6 (Antarasumut) - Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Batubara, Darwis mengumumkan total zakat dan infaq yang terkumpul pada Malam Pengumpulan Zakat 30 Juni 2016 sebesar Rp.178.740.000. 

Seluruhnya akan disetorkan pada 2 bank yaitu Bank Muammalat dan Bank Sumut masing masing sekira Rp.89.370.000.

Ia merinci seluruh zakat yang terkumpul itu berasal dari dua sumber yaitu Bupati Batubara Rp.100.000.000 dan dana yang dikumpulkan dari satuan kerja perangkat daerah setempat senilai 78.740.000

Darwis, yang juga menjabat sebagai Plt. Sekdakab batubara itu mengungkapkan sejumlah tantangan yang dihadapi dalam menghimpun potensi zakat. Seperti, belum seluruhnya SKPD yang mengumpulkan zakat melalui Baznas.

“Ini menunjukkan belum optmalnya kesadaran keberagamaan kita tentang arti penting zakat bagi pemberdayaan umat” kata Keta Basnazda Batubara.

Selanjutnya ia mengajak agar semua pihak dapat membayarkan zakat, yang mencakup kalangan orang kaya, dunia usaha dan kalangan perbankan untuk dapat bahu membahu.

“Kami juga menghimbau kepada guru yang beragama Islam agar gerakan pengumpulan zakat dan infaq ini juga dapat diterapkan, sebab kita sudah pernah memberikan sosialisasi zakat dan infaq kepada para kepala sekolah SD/SMP/SMA/SMK” kata dia.

Pewarta: Guntur

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016