Medan, 25/6 (Antara) - Wali Kota Medan Dzulmi Eldin menyalurkan zakat Pemkot Medan kepada 3.500 warga kurang mampu yang bermukim di Kecamatan Medan Belawan, Medan Labuhan, dan Medan Marelan, Sabtu.

"Penyaluran zakat ini dilakukan dalam ranga untuk membantu meringankan warga kurang mampu dalam menjalani ibadah puasa sekaligus menyambut Hari Raya Idul Fitri," katanya.

Zakat itu disalurkan dalam bentuk paket, masing-masing paket berisi 5 kg beras, 2 kg gula pasir, dan 2 kg minyak goreng ditambah uang sebesar Rp100.000.

Untuk Kecamatan Medan Belawan, zakat yang disalurkan sebanyak 1.000 paket, Medan Labuhan 1.500 paket, dan Medan Marelan juga 1.000 paket.

Di Kecamatan Medan Belawan, penyaluran zakat dilakukan di halaman Kantor Camat Medan Belawan. Penyaluran zakat dilakukan Wali Kota sekitar pukul 08.00 WIB, warga yang menerima zakat umumnya berusia lanjut.

Mereka terlihat terharu menerima zakat dari orang nomor satu di Pemkot Medan tersebut. Selain mendapat beras, gula pasir, dan minyak goreng, mereka juga mendapatkan uang.

Proses penyaluran zakat berlangsung dengan lancar, sebab warga dengan tertib menunggu gilirannya masing-masing.

Ia mengatakan, paket yang disalurkan ini berasal dari dari hasil zakat, infak, dan sedekah dirinya dan keluarga beserta seluruh pejabat di lingkungan Pemkot Medan.

Penyaluran zakat itu merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Pemkot Medan setiap bulan Ramadhan, terutama menjelang datangnya Hari Raya Idul Fitri 1437 H.

"Seluruh hasil zakat dikumpulkan dan dijadikan paket untuk selanjutnya disalurkan kepada warga kurang mampu di seluruh kecamatan di Kota Medan. Jumlah paket yang disalurkan berbeda setiap kecamatan, sebab disesuaikan dengan luas wilayah dan jumlah warga kurang mampu," katanya.

Selanjutnya mantan Wakil Wali Kota dan Sekda Kota Medan itu mengajak hati warga yang mampu mau pun para pemangku kepentingan agar mau menyisihkan sebagian dari hartanya untuk membantu warga kurang mampu, terutama di bulan puasa.

"Selain dilipatkgandakan pahalanya oleh Allah SWT, bantuan yang diberikan itu tentunya sangat besar manfaatnya bagi warga kurang mampu, terutama dalam menyambut Lebaran," katanya.

Usai penyerahan zakat di Kecamatan Medan Belawan, selanjutnya wali kota menyalurkan zakat bagi warga kurang mampu di Kecamatan Medan Labuhan.

Penyerahan zakat dipusatkan di halaman Masjid Raya Al Osmani di Jalan Komodor Yos Sudarso. Di tempat itu Eldin menyalurkan 1.500 paket zakat untuk warga kurang mampu ditambah uang Rp100 ribu.

Setelah itu dilanjutkan dengan penyaluran zakat di Kantor Camat Medan Marelan.

Sebanyak 1.000 orang warga kurang mampu mendapat paket zakat beserta uang Rp100 ribu.  

Pewarta: Juraidi

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016