Tapanuli Selatan,24/6 (Antarasumut)-MUI Sumatera Utara mengajak ummat muslim bisa memasyarakatkan Al-Quran dan sebaliknya meng-Quran-kan masyarakat. Jangan buat jadi pajangan atau hiasan lemarimu.

"Al-Quran, sebuah kitab suci sumber dari segala hukum islam,"kata Palid Muda, wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia Sumut.

Inti ceramah agama tersebut dia sampaikan pada saat safari ramadhan 1437 H Pemkab Tapanuli Selatan, di Mesjid Nurul Iman, Desa Batu Horpak, Kecamatan Tantom Angkola, Tapsel, Kamis (23/6) malam.

Bulan ramadhan katanya,  bulan dimana quran diturunkan, disamping kitab suci dan sumber dari segala hukum Islam, bahkan seluruh  ibadah yang kita lakukan juga bersumber dari al-quran.

"Oleh karenanya kita harus membaca, memahami dan mengamalkan segala isi yang terkandung didalam quran itu sendiri," katanya.

Lanjut dia mengimbau agar al-quran jangan tidak dijadikan sebuah pajangan atau hanya hiasan belaka, tetapi untuk dibaca dan didalami,"katanya.

"Ajarkan dan perkenalkan quran kepada anak sejak dini agar bagaimana si anak sampai kapanpun benar benar cinta kepadsa al-quran," jelasnya.

Apalagi disaat bulan ramadhan saat ini, satu momen sangat tepat bagiamana kita menciptakan anak anak dekat dan cinta quran seperti melalui tadarus.

"Dalam al-quran melaksanakan ibadah didalam  bulan suci ramadhan adalah dalam rangka mencapai drajat taqwa."

Ibadah dilaksanakan jelas  ustadz pertama memenuhi kehendak Allah, karena sebagai hamba memang diciptakan hanya untuk beribadah kepada-NYA.

Kedua, agar bahagia baik didunia maupun di akhirat kelak. Ketiga, makanan rohani sebagai bentuk cara beribadah kepada Allah Swt.

Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M. Pasarib, disambutannya mengujarkan perjalanan safari ramadhan Pemkab Tapsel sudah tahun yang ke -7.

"Kegiatan ini semata dalam rangka mempererat hubungan silaturrahmi antara pemerintah dan masyarakatnya," katanya.

Disamping itu guna menampung suara masyarakat sekaligus  melihat  perkembangan pembangunan yang telah dan akan dilaksanakan.
Wakil bupati Aswin Efendi Siregar, Kemenag, MUI, Baznas, Ketua TP. PKK, DW, GOW, BKMT, para kepala SKPD selalu hadir dalam kegiatan safari ini.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016