Padangsidimpuan 5/6 (Antarasumut)- Petani asal Desa Pintu Langit, Kecamatan Padangsidimpuan Angkola Julu berhasil memanen tomat dengan jumlah yang berlimpah, Minggu, Setidaknya, pada panen perdana itu, petani bisa mendapat hasil paling sedikit 4 kg per batangnya.

Panen kali ini bisa menghasilkan 4 kg per batang, kata Justin Batubara, petani tomat saat melakukan panen perdana di kebun miliknya, Diceritakan Justin, bangkitnya petani tomat di daerah itu berawal saat mereka menerima bantuan dari BPP Angkola Julu.

Ia dan beberapa orang lainnya memberanikan diri menjadi petani tomat, dari sebelumnya bersawah (padi), Usia panen antara tomat dan padi hampir sama, sekitar tiga bulan baru bisa panen,” ujarnya seraya mengatakan, luas lahan tomat miliknya saat ini sekitar 1000 meter.

Di atas lahan tersebut ada 20 bedengan (lokasi atau tempat penanaman tomat, red), Sehingga total batang secara keseluruhan yang bagus sekitar 1.200 meter, Dari total itu, target yang diperoleh pada hasil panen perdana ini sekitar 4 ton, Dari total itu, kita targetkan sekitar 4 ton untuk keseluruhan. Mudah-mudahan itu dapat, jika tidak ada gangguannya, Karena ada beberapa hal yang menjadi gangguan dalam menanam tomat, terangnya.

Sementara itu, Plt Kepala BPP Kecamatan Padangsidimpuan Angkola Julu Bustanul Arifin Dalimunthe STP yang ikut dalam panen perdana itu mengatakan, bibit tomat yang dipakai petani adalah jenis Varietas Servo F1. Penentuan bibit itu disesuaikan dengan lokasi.

Kita sudah lihat hasilnya, seperti itulah kondisi sekarang, Itu masih dalam tahap awal, dan masih bisa meningkat, Supaya hasil panen lebih bagus, lakukan perawatan sebaik mungkin, imbaunya.

Pewarta: Khairul Arief

Editor : khairularief


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016