Tebing Tinggi,25/5(antarasumut)- Jelang bulan Ramadhan, harga sembako dipasar-pasar tradional Kota Tebing Tinggi harganya bervariasi ada yang terjadi kenaikan adapula mengalami penurunan.

Dari hasil investegasi di Pasar Gambir dan Pasar Inpres Rabu (25/5), terjadi kenaikan harga umumnya pada jenis sayaur-sayuran dan bawang merah, ujar beberapa pedagang yang ditemui.

Seorang pedagang RS Br Hutagaol menyebutkan sudah sepekan ini harga bawang merah dan putih awalnya Rp.33
ribu mengalami kenaikan mencapai Rp.40 ribu perkilonya.

Demikian juga kentang dari Rp.7 ribu menjadi Rp.10 ribu, jenis sayur-sayuran juga mengalami kenaikan Sayur Sawi Pahit Rp.4 ribu menjadi Rp.8 Ribu, Sayur Kol Rp.2 ribu jadi Rp.6 ribu, Wartel Rp.6 ribu jadi Rp. 8 ribu, sawi putih Rp.4 ribu jadi Rp.8 ribu, terong Rp,4 ribu menjadi Rp.7 ribu.  

Selain terjadi kenaikan harga, ada pula yang turun seperti cabe merah yang biasanya Rp 40 ribu/kilo menjadi Rp.32 ribu/kilo,cabe hijau Rp.22 ribu/kilo menjadi Rp.16 ribu/kilo, Cabe rawit biasanya Rp.26 ribu/kilo turun jadi Rp.22 ribu/kilo.

Harga jenis sayuran ada juga menurun seperti Tomat sebelumnya Rp.10 ribu/kilo menjadi Rp.7/kilo, dan menurut pengakuan pedagang harga berfluktuasi ini bukan semata-mata karena bakal memasuki Bulan Ramadhan, tetapi berpengaruh akibat erupsi gunung sinabung, sayuran yang dipasok dari Kab.Tanah karo mengalami kenaikan karena kekurangan pasokan dari Tanah Karo dan Seribu Dolok.

Sabangun Satio pedagang lainya menyebutkan kenaikan harga juga terjadi pada Telur Ayam berisi 30 butir 1 kotak biasanya Rp.30 ribu menjadi Rp.36 ribu, Gula putih dari Rp.12 ribu menjadi Rp.16 ribu/kilo.

Terjadi juga kenaikan pada harga beras ramos dari Rp.10 ribu menjadi Rp.11 ribu, minyak makan Rp.10 ribu menjadi Rp.12 ribu, daging ayam potong terjadi juga kenaikan Rp.19 ribu/kilo menjadi Rp.22 ribu/Kilo. 

Walikota Tebing Tinggi H.Umar Zunaidi Hasibuan,sebelumnya menyampaikan jika menjelang ramadhan ada terjadi kenaikan sembako di Tebing Tinggi, Pemerintah Kota akan menggandeng Bulog untuk mengatasinya dengan melakukan operasi pasar.

Pemerintah Kota Tebing Tinggi berharap kenaikan harga sembako di Tebing Tnggi menjelang ramadhan dapat terkendali masih pada amang batas.

Kepada warga dihimbau tidak melakukan belanja jor-joran semuanya mau dibeli menghadapi Ramadhan, lakukan penghematan sebaik mungkin, jangan jadikan bulan puasa memusingkan kepala, belanjalah seperlunya saja tidak usah berlebihan,ujarnya.
      











Pewarta: Dhani Elison

Editor : Dhani Elison


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016