Binjai, Sumut, 18/5 (Antara) - Menjelang bulan puasa tiba, harga bawang merah di Kota Binjai, Sumatera Utara, mengalami lonjakan dari harga sebelumnya dikarenakan pasokan yang terus semakin berkurang.

"Pasokan bawang merah terus semakin berkurang mengakibatkan harga terus melonjak, kata Burhan salah seorang pedagang di Pasar Tavip Binjai, di Binjai, Rabu.

Burhan menjelaskan bila sebelumnya harga bawang merah Rp26.000 per kilogram kini harganya melonjak menjadi Rp32.000 per kilogramnya, jadi ada kenaikan sebesar Rp 6.000 per kilogramnya.

Selain karena menjelang Ramadhan (puasa) kenaikan harga ini juga diakibatkan bawng merah yang berasal dari Malaysia, India, tidak dapat masuk lagi kemafri, sehingga harga bawang beranjak naik.

Termasuk juga pasokan bawang lokal yang biasanya didatangkan oleh para pedagang dari Kabupaten Tanah Karo sekarang ini semakin terus berkurang. Termasuk maraknya razia yang digelar polisi membuat pasokan bawang jauh berkurang.

Tidak hanya bawang merah saja yang mengalami lonjakan harga bawang putih juga kini baik dari sebelumnya Rp 27.000 per kilogram, kini sudah mencapai Rp 30.000 per kilogramnya.

Demikian juga dengan berbagai harga kebutuhan pokok lannya juga ada yang mengalami kenaikan seperti swayur mayur naik kisaran Rp 1.000-Rp1.500 per kilogram, termasuk juga harga telur naik dan berbagai kebutuhan pokok lainnya.

"Kenaikan harga ini akan terus berlanjut hingga masuknya bulan suci ramadan nanti," kata Burhan.***3***Budi Suyanto





Pewarta: Oleh Imam Fauzi

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016