Padangsidimpuan 7/5 (Antarasumut)- Badan Ketahanan Pangan (Ketapang) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) tahun 2009-2015 telah membangun 52 unit lumbung pangan dari total 105 lumbung pangan yang ada di 21 Kabupaten/Kota se Sumatera Utara.

Seperti yang disampaikan Kasubbid Ketersedian dan Kerawanan Pangan, Badan Ketahanan Pangan Sumut, Abdul Mutalib Damanik saat dihubungi Sabtu, menjelaskan, Sabtu, " memang benar kita Badan Ketapang Provsu tahun 2009 sampai 2015 menargetkan 105 unit Lumbung Pangan yang terbangun di sebanyak 21 kabupaten/kota se Sumatera Utara, hinggs kini baru 53 unit yang telah selesai dibangun.

Tambahnya Anggaran pembangunan tersebut kita peroleh dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Pertanian, dalam pemanfaatan DAK tersebut dalam mempertahaankan Cadangan Pangan juga dibangun Cadangan Pangan Daerah, Pengadaan Rice Milling Unit, Pembangunan Lantai Jemur untuk lumbung pangan.

Kemudian dari lima unit yang kita bangun untuk Lumbung Pangs kota Padangsidimpuan, baru tiga lumbung padi yang terbangun saat ini, seperti di Desa Rimba Soping, Desa Pintu Langit, dan Batunadua.

Dengan adanya lumbung padi tersebut dapat bermanfaat untuk menyimpan cadangan pangan yang ada di kota Padangsidimpuan, ucapnya melalui ujung Seluler, Sabtu.

Sementara itu Kabid Peanekaragaman Konsumsi dan Pangan, Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Kota Padangsidimpuan, Suparman juga menjelaskan sebelumnya, pihaknya sudah menyediakan tiga lumbung padi yang diperuntukkan kepada kelompok tani yang bermitra langsung dengan pihaknya, untuk bisa mempertahaakan cadangan Pangan di kota Padangsidimpuan.

Pewarta: Khairul Arief

Editor : khairularief


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016