Lubukpakam, Sumut, 1/5 (Antara) - Pemerintah Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, menyiapkan anggaran penyertaan modal kepada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtadeli sehingga perusahaan daerah itu dapat lebih mengembangkan usahanya untuk pemenuhan kebutuhan air bersih bagi masyarakat.


"Pemkab Deliserdang selalu siap mendukung dan akan mengucurkan penyertaan dana kepada PDAM Tirtadeli sebanyak Rp 50 miliar secara bertahap," kata Bupati Deliserdang, Ashari Tambunan di Lubukpakam, Minggu.


Saat ini, kata dia, pelayaan air bersih di Deliserdang melalui sistem perpipaan masih relatif kecil yaitu 27,17 persen dari total jumlah penduduk yang telah mencapai lebih kurang dua juta jiwa.


Bahkan masih terdapat empat kecamatan di Deliserdang yang belum mendapatkan air bersih melalui sistim perpipaan.


Sementara untuk pelayanan air bersih dengan kategori akses aman saat ini telah mencapai 70,63 % , namun cakupan pelayanan ini masih kurang dan harus ditingkatkan terutama untuk mendukung target pemerintah dalam program universal akses 2019 dimana secara nasional pelayanan air bersih sudah harus mencapai 100 persen.


"Di usianya yang ke-35 tahun, PDAM Tirtadeli harus mampu meningkatkan pengelolaan maupun pelayaan yang baik kepada masyarakat serta menghasilkan air yang memenuhi persaratan kesehatan. Untuk itulah kita siap mengucurkan penyertaan modal kepada PDAM Tirtadeli," katanya.


Sementara Direktur PDAM Tirtadeli, Subari Ritonga, mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi kepaa Pemkab Deliserdang yang komit mendukung peningkatan kualitas PDAM Tirtadeli dalam upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat.


Terlebih dengan kesedian pemkab untuk menganggarkan penyertaan modal secara bertahap, yang tentunya menjadi pendorong dalam upaya mencapai kategori PDAM yang sehat dan menjadi percontohan bagi daerah lain.


"Upaya kearah ini terus dilakukan dengan berbagai terobosan seperti dengan penyelesaikan program pemutusan KSO PDAM Tirtadeli dengan PDAM Tirtanadi, demikian juga telah menjalin kerjasama dengan PDAM Kota Bandung berupa studi tentang penerapan teknologi air bersih," katanya.  

Pewarta: Juraidi

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016